Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Seminar Nasional Matematika

    2018-04-09 11:39:28
    Images

    Seminar Nasional Matematika

     

     

    Foto: Prof. Dr. Marsigit, M. A. saat menyampaikan materi kepada peserta seminar (24/3)

     

    Pada Sabtu (24/3/18), dimulai pukul 07.00 – 16.00 Wita, bertempat di Aula Mgr. Abdon Longginus – Mautapaga, berlangsung kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) Universitas Flores. Seminar yang menghadirkan pemateri utama Prof. Dr. Marsigit, M.A. dan Dr. Sofia Sa’o, M.Pd. tersebut mengangkat tema Inovasi Pendidikan Matematika Berbasis Budaya, dengan dua sub tema yaitu Mengembangkan Kreativitas Guru Matematika yang Berlandaskan Budaya dan Teknologi, dan Rekonstruksi Pendidikan yang Mengacu pada Iptek dan Budaya.

    Di hadapan sekitar 500-an peserta yang sebagian besar terdiri dari dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Matematika, Marsigit yang dikenal sebagai Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta menyampaikan materi berjudul Pendidikan Matematika Berbasis Budaya. Salah satu contoh hasil kebudayaan yang diangkat oleh Marsigit dalam kegiatan tersebut adalah selendang tenun ikat yang dikenakannya saat membawakan materi. Sedangkan Sofia, dosen pada Prodi Matematika, menyampaikan materi berjudul Pencapaian Mutu Pendidikan Diimbangi dengan Evaluasi dan Penelitian.

    Usai pemaparan materi oleh dua pemateri utama tersebut, seminar dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi paralel. Selain dosen dari Prodi Matematika dan Fisika, dalam diskusi paralel ini beberapa mahasiswa juga menyampaikan materi mereka. Beberapa materi yang dipaparkan oleh dosen Prodi Matematika antara lain Etnomatika Konsep Ruang Bangunan Tradisional di Kabupaten Timor Tengah Utara, Deskripsi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Aptitude Treatment Interaction Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Kelas IX.2 SMPN 26 Makassar, dan Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMAK Santo Petrus Ende. Salah seorang pemateri mahasiswa Prodi Matematika yaitu Derianus Mado Wittin memaparkan materi tentang Penerapan Etnomatematika Permainan Pesi Tenete Untuk Materi Peluang.(Suara Uniflor).

     

     

Berita Terkait