Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2015

    2015-06-30 15:05:35
    Images

    Persoalan budaya dan karakter bangsa beberapa tahun terakhir, telah menjadi sorotan masyarakat. Keprihatinan terkait berbagai aspek kehidupan diungkap dan dibahas di media massa. Selain itu, para pemuka masyarakat, ahli, pengamat pendidikan, dan pengamat sosial mengangkat persoalan budaya dan karakter bangsa di berbagai forum seminar, baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Persoalan yang muncul di masyarakat seperti korupsi, perilaku kekerasan dan perusakan, kejahatan seksual, pola hidup yang konsumtif, kehidupan politik yang tidak produktif, dan sebagainya menjadi topik pembahasan hangat. Berbagai alternatif penyelesaian telah diajukan seperti peraturan, undang-undang, dan penegakan hukum yang lebih kuat. Alternatif lain yang banyak dikemukakan untuk mengatasi atau mengurangi masalah budaya dan karakter seperti ini adalah melalui proses pendidikan.

    Harapan besar terhadap dunia pendidikan dapat dimaklumi, mengingat pendidikan  sejatinya merupakan proses transformasi budaya. Melalui pendidikan diharapkan terjadinya proses internalisasi budaya ke dalam diri seseorang atau masyarakat yang belajar sehingga menjadi lebih beradab.

    Besarnya ekspektasi ini  menuntut para dosen, guru dan semua pihak yang bekerja di bidang pendidikan untuk tak henti hentinya mampu menghasilkan inovasi terbaik yang bertujuan untuk mengatasi berbagai persoalan yang telah disebutkan di atas. Inovasi yang dihasilkan semua akademisi dan best practices para praktisi harus dipublikasikan baik melalui berbagai jurnal maupun forum ilmiah seperti seminar agar dapat digunakan bersama untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

    Terkait dengan kepentingan tersebut, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Flores Ende menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Dasar (SENADA 2015) sebagai forum bagi para mahasiswa, guru, dosen, pakar, dan pemerhati bidang Pendidikan Dasar (SD dan SMP) untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam membangun generasi yang unggul dan berkarakter.

    Tema: Penguatan Peran Pembelajaran di Tingkat Pendidikan Dasar untuk Membangun Generasi yang Unggul dan Berkarakter

    Tempat      :  Auditorium H.J. Gadi Djou, Kampus I Universitas Flores.
    Waktu Pelaksanaan:
    Sabtu, 17 Oktober 2015.
    Pembicara:
    Prof. Achmad Dardiri, M. Hum  (Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta)
    Prof. Stephanus Djawanai, Ph.D., M.A. (Guru Besar Emeritus FIB UGM, Rektor Universitas Flores Ende)

    Info Selengkapnya:

    download Formulir Pendaftaran SENADA 2015.pdf  disni

    download Formulir Pendaftaran SENADA 2015.docs disini

    download Leaflet SENADA hal 1 disini

    download leaflet SENADA hal 2 disini

    download Tamplate Makalah SENADA 2015 - artikel hasil kajian pustaka disini

    download Tamplate Makalah Semnas Pendas PGSD - artikel hasil penelitian disini

    (GSB)

Berita Terkait