Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Seminar Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

    2017-10-09 09:45:36
    Images

    Seminar Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

     

     

    Seminar: Peserta seminar sedang mendengarkan penyajian materi. Tampak (kiri-kanan) Dr.Simon Sira Padji, M.A dari Universitas Flores , Ir. Juni Sumarmono, M.Sc., P.hD, Prof. Zainal Aznam Mohd Jelan, dan Moderator Dra. Maria Marieta Bali Larasati, M.Hum.  Selasa (3/10).

     

                Universitas Flores (Uniflor) kembali menyelenggarakan kegiatan seminar guna peningkatan mutu perguruan tinggi. Kegiatan yag dikemas dalam bentuk seminar sehari menghadirkan pemateri Prof. Zainal Aznam Mohd Jelan dari Universitas Putra Malaysia, Ir.Juni Sumarmono, M.Sc., P.hD., dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokwrto, dan Dr.Simon Sira Padji, M.A dari Universitas Flores, berlangsung di Aula Rektorat Lantai 3 Universitas Flores, Selasa (3/10). Dihadiri dosen dan karyawan selingkup Uniflor, tamu undangan dari lembaga pendidikan tinggi eksternal dan lembaga pemerintah Kabupaten Ende.

                Seminar Sehari dengan tema “Manajemen Perguruan Tinggi: Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi” (Management of Higher Learning Institution efforts To Improve The Quality Of Higher Learning), dibuka oleh Rektor Universitas Flores Prof. Dr.Stephanus Djawanai, M.A. Rektor Steph memberi apresiasi kepada seluruh pihak yang terkait atas terselenggaranya seminar sehari, yang memusatkan peningkatan mutu perguruan tinggi dari aspek publikasi ilmiah hasil dari penelitian dosen. Beliau menekankan pentingnya membangun budaya mutu melalui penjaminan mutu.

                 Menurut Prof. Zainal Aznam Mohd Jelan publikasi ilmiah sekarang harus bersifat global agar diketahui dunia. Hasil penelitian dosen harus dimbangi dengan pengajaran yang baik , dimana penting bila ingin merubah mutu sebuah perguruan tinggi, maka diperlukan perubahan pada behavior dan sifat pada civitas academikanya, sehingga bermuara pada hasil studi yang berkualitas tinggi. Memperhatikan kualifikasi dosen baru yang dapat mengajar  dan produktif  baik dalam pengajaran dan penelitian, sehingga muncul kolaborasi pada dua bidang tersebut, lanjut pakar manajemen perguruan tinggi dan penulisan karya ilmiah untuk jurnal internasional tersebut.

                Kepala Pusat Penjaminan Mutu Universitas Jenderal Soedirman Ir.Juni Sumarmono, M.Sc., P.hD menambahkan materi dari Prof. Zainal Aznam Mohd Jelan, akan pentingnya mendongkrak hasil penelitian dengan publikasi di tingkat global. Perguruan tinggi membutuhkan pengakuan dunia sebagai universitas yang sudah terakreditasi.  Mengarahkan peneliti menghindari plagiarisme, dan mengupayakan terakreditasinya tiap program studi menjadi salah satu jaminan kelulusan bagi mahasiswa.

                 Beliau menghimbau hasil riset para dosen terindeks pada jurnal SINTA (science and technologi index) yang mengarah ke portal pengindeks global. Pemerintah melalui Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi membangun science and technology dengan indeks yang diberi nama SINTA. Portal yang berisi pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi  kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi iptek.

                Sedang  Dr.Simon Sira Padji, M.A dari Universitas Flores menyampaikan materi  dengan lebih menekankan  mengenai teknologi bahasa yang dipakai pada hasil riset dosen dan peneliti.  Setelah ketiga pemateri menyelesaikan pemaparannya seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab dan penyerahan cenderamata dari Uniflor kepada para pemateri.(oca)

Berita Terkait