Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Seminar Sehari Mahasiswa KKN Uniflor di Desa Wolotopo Timur

    2015-05-11 11:01:09

    Seminar Sehari  Mahasiswa KKN Uniflor

    di Desa Wolotopo Timur

     

     

    “Saya memberikan apresiasi kepada teman-teman KKN. Kegiatan seminar ini merupakan kado bagi Wolotopo Timur. Kami ingin Wolotopo Timur menjadi salah satu destinasi wisata unggulan, sebagai penyangga Danau Kelimutu. Kami membutuhkan dorongan dari atas (pemerintah), tapi bukan dorongan fisik saja, juga perlu pelatihan-pelatihan bagi pelaku wisata adat yang ada di desa,” ungkap Kepala Desa Wolotopo Timur Siprianus M. Jirabara saat sesi diskusi dalam kegiatan Seminar ‘Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Melestarikan Tempat Pariwisata dan Pentingnya Pariwisata Untuk Peningkatan Kehidupan Ekonomi Masyarakat’.

    Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN 2014 yang ditempatkan di Desa Wolotopo Timur pada Selasa (16/9/2014), bertempat di Kantor Desa Wolotopo Timur. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Marmi Kusuma, S.H., Camat Ndona Drs. Rapa Silvester, Kepala Desa Wolotopo Timur Siprianus M. Jibara, Dosen Universitas Flores Pasifikus Mala Meko, SST.Par., M.Par., Dosen Pembimbing Lapangan Emilia S. A. Wangge, S.TP., M.P., Mosalaki, masyarakat setempat, juga mahasiswa penyelenggara.

    Dalam pemaparan materinya, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata menyampaikan tentang lima Asas Kebudayaan yang mendukung dunia pariwisata yaitu Asas Metafisik, Asas Epistemologis, Asas Nilai, dan Asas Sosiologis dan Historis. “Kearifan lokal bukan hanya sebagai filter masuknya kebudayaan luar tetapi juga sebagai tameng,” tutur beliau. Sementara itu beliau juga memaparkan Sapta Pesona Pariwisata diantaranya keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan dan keindahan.

    Camat Ndona Drs. Rapa Silvester dalam diskusi menanggapi permintaan masyarakat akan bantuan-bantuan untuk desa. Untuk infrastruktur tentunya berproses lewat Musrenbang di Desa Wolotopo Timur. Di dalam Musrenbang setiap usulan dibahas satu per satu, dan berkompetisi untuk menyetujui satu usulan.Dalam kesempatan tersebut beliau pun memberikan satu pandangan kepada peserta seminar menyangkut dunia pariwisata, “yang paling utama adalah kesiapan dari masyarakat itu sendiri. Kalau kita belum siap, dia akan tetap berjalan di tempat.”

    Mendukung tuturan Camat Ndona, dari pihak akademika Universitas Flores Pasifikus Mala Meko menuturkan lima pilar model pengembangan wisata, salah satunya yaitu keterlibatan masyarakat. Dengan melibatkan masyarakat dan dukungan pemerintah tentunya kita dapat meningkatkan mutu pariwisata di Desa Wolotopo Timur lewat berbagai cara seperti seminar, pelatihan, kerjasama dengan pihak-pihak terkait, menyiapkan masyarakat, dan menggali lebih banyak lagi potensi yang ada.(2teh).(Suara Uniflor,Flores Pos,Sabtu,20/9/2014).

     

Berita Terkait