Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Sosialisasi Layanan Keuangan Digital dan Tindak Pidana Pencucian Uang

    2014-11-03 10:31:46

    Pada Sabtu (18/10) bertempat di Auditorium H. J. Gadi Djou Uniflor berlangsung kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Layanan Keuangan Digital dan Tindak Pidana Pencucian Uang.” Kegiatan dimulai pukul 09.00 Wita, terselenggara berkat kerja sama antara Uniflor dengan Bank Indonesia.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Uniflor Prof. Dr. Stephanus Djawanai, M.A., Ketua Umum Yapertif Dr. Laurentius Gadi Djou, Akt., Pembantu Rektor 1 Dr. Natsir B. Kotten, M.Pd., sejumlah dosen dan mahasiswa Uniflor. Hadir pula para pemateri dari Bank Indonesia.

    Acara dibuka oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Naek Tigor Sinaga dilanjutkan sambutan Rektor Uniflor. Dr. Yunus Husein, L.LM. yang merupakan Tenaga Ahli UKP4/Mantan Kepala PPATK RI memaparkan materi tentang Money Loundering dan Good Governance.

    Dijelaskannya, “Prinsip corporate gorvenance adalah transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan fairness. Sementara itu prinsip public governance adalah demokrasi atau partisipasi, transparansi, akuntabilitas, budaya hukum. Hal ini berkaitan dengan persepsi seseorang terhadap hukum dan bagaimana hukum ditegakkan, kewajaran, dan kesetaraan. Kalau ada good governance, maka penyimpangan terjadi korupsi sangat sedikit,” tuturnya.

    Selain memberikan materi tentang pentingnya good governance (tata kelola yang baik) Yunus Husein juga memaparkan tentang money loundering (pencucian uang) yang marak terjadi di Indonesia. “Tiga proses pencucian uang yang perlu diketahui adalah placement, layering, dan intregation,” jelasnya.

    Placement adalah proses menempatkan hasil kejahatan sistem keuangan, layering memindahkan atau mengubah bentuk dana melalui transaksi keuangan kompleks, dan intregation adalah mengembalikan dana yang telah tampak sah kepada pemiliknya sehingga dapat digunakan dengan aman.

    Diwawancarai terpisah oleh wartawan Suara Uniflor, Ketua Panitia Yuliana Sedho, S.E., M.Sc., menjelaskan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta terutama para dosen dan mahasiswa untuk menyamakan pemahaman tentang tindak pidana pencucian uang, good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik dan memberikan pengetahuan tentang layanan keuangan digital. Kiranya kegiatan seperti ini bisa berlanjut

Berita Terkait