Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Sosialisasi Lesson Study For Learning Community

    2017-10-09 09:39:51
    Images

    Sosialisasi Lesson Study for Learning Community

     

     

    Dr. Natsir B. Kotten, M.Pd. saat membawakan materi tentang Lesson Study.

     

    Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berlandaskan prinsip-prinsip colleagues and mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Pendidikan (BP3) Uniflor Dr. Natsir B. Kotten, M.Pd. dalam kegiatan sosialisasi program Lesson Study for Learning Community (LSLC) pada Senin (11/9/2017). Kegiatan yang berlangsung di Aula Lt. II Fakultas Ekonomi Universitas Flores (Uniflor) dengan tema “Panduan Penyusunan Proposal Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Lesson Study for Learning Community (LSLC) di Perguruan Tinggi” tersebut dihadiri oleh sejumlah dosen dari 7 fakultas.

    Lebih lanjut Natsir mencontohkan tentang kemampuan mahasiswa dalam proses pembelajaran di mana rata-rata mahasiswa menggunakan smartphone untuk menggali informasi melalui internet. Berkaitan dengan hal tersebut, pendidik diharapkan untuk tidak mengajarkan buku (baca: tekstual) tetapi mengajarkan ilmu sehingga kemampuan mahasiswa untuk berpikir dan mencerna informasi yang diterima akan lebih berkembang melalui debat, tanya-jawab, maupun diskusi, yang terjalin dalam suasana yang lebih santai dan kondusif. Natsir mengistilahkannya dengan gembrot yaitu gembira dan berbobot. Dalam kata lain, lesson study menghindari pola perkuliahan dalam bentuk ceramah.

    Usai paparan materi dari Natsir, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Sabra B. Wahab Thalib, S.E., M.Acc. tentang tata cara memperoleh dana hibah dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran melalui terbangunnya komunitas belajar profesional para dosen, ditawarkan program hibah peningkatan mutu pembelajaran melalui LSLC di Perguruan Tinggi. Program ini ditujukan kepada perguruan tinggi yang menyelenggarakan program sarjana dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pada kesempatan tersebut Sabra menjelaskan tentang kriteria penerima hibah dana pendamping dalam kegiatan lesson study diantaranya fakultas yang memiliki 3 (tiga) program studi sarjana akademik (S1) yang terakreditasi. (2teh).

     

Berita Terkait