Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Tiga Dosen FH Terlibat Perumusan RANPERDA

    2014-09-29 16:32:24
    Images

    3 (Tiga) Dosen Fakultas Hukum Uniflor

    Terlibat  aktif  menggodok  Ranperda Inisiatif  DPRD Ende

     

    Tim inisiator  DPRD Ende menyiapkan Naskah Akademis dan Draf Ranperda sebanyak  3 (tiga)  buah yaitu, Pertama Naskah akademik dan Draf  Ranperda Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindakan  Kekerasan , kedua  Naskah akademis dan Draf  Ranperda Pengelolaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan, dan ketiga  tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Ende.

    Tim Inisiator DPRD  Kabupaten Ende  mengadakan pembahasan Ranperda dalam Forum Focus Group Discussion ( FGD) pendalaman serta penyusunan naskah akademis 3 Ranperda inisiatif DPRD Ende Tahun 2014 melibatkan banyak unsur yaitu masyarakat, LSM, Perguruan Tinggi, Ormas, serta aparat kepolisian untuk memberikan masukan positif, guna penyempunaan  Naskah Akademik dan Draf Ranperda.  3 (tiga) orang Dosen Fakultas Hukum yaitu Christiana Sri Murni, Paulinus Seda, dan Ernesta Arita Ari,  telah berperan aktif  dalam  membuat dan diskusi, serta memberi masukan yang berharga demi penyempurnaan Naskah akademik dan Ranperda.

    Christiana Sri Murni  selaku Dekan dan dosen Fakultas Hukum  yang terlibat aktif dalam diskusi pembahasan naskah akademis  Ranperda inisiatif Dewan mengusulkan adanya penelitian yang mendalam  terhadap Ranperda Perlindungan perempuan dan anak dari tindakan kekerasan, menurutnya dari sisi yuridis naskah akademis telah memiliki dasar hukum yang kuat dari turunan peraturan  yang lebih tinggi terkait perlindungan terhadap perempuan dan anak. Tetapi dari sisi sosiologis mesti melakukan penelitian yang lebih baik. kita mesti menggali lebih dalam lagi tentang fakta di lapangan. dibutuhkan identifikasi  dan penelitian tentang apa yang dibutuhkan masyarakat terkait  perlindungan korban kekerasan perempuan dan anak.

    Penggodokan 3 (tiga) Ranperda berlanjut dengan dibentuk  Kelompok Kerja (Pokja)  dan hasil kerja Pokja diseminarkan, demi penyempurnaan guna  diajukan ke Pimpinan DPRD untuk  disidangkan  dalam  Pembahasan di DPRD  bersama Pemerintah.

     

     

     

     

     

Berita Terkait