Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Uniflor Gelar ORDIK 2014

    2015-05-11 10:34:35
    Images

    Uniflor gelar ORDIK  2014

     

    Universitas Flores (Uniflor) melalui Panitia Ordik gelar pembukaan kegiatan Orientasi Pendidikan (Ordik) pada Senin, 18 Agustus  2014,lalu pukul 07.00 WITA  bertempat  di Auditorium  Herman Yosep Gadi Djou. Sebanyak 1.334 calon mahasiswa baru Uniflor yang berasal dari daratan Flores dan luar Flores ikut Ordik.Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari diterimanya calon mahasiswa baru tahun akademik 2014/2015. Setelah proses pendaftaran dan penempatan program studi,1.334 orang ini mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa ini. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan calon mahasiswa baru dapat lebih mengenal tentang kehidupan bermasyarakat di Kota Ende khususnya kehidupan perkuliahan di kampus Uniflor.

    Peserta sangat antusias mengikuti tahapan orientasi ini yang dikemas dalam bentuk   ceramah, latihan ketrampilan, diskusi dan tugasmandiri.Sedangkan materi orientasidi berikan berdasarkan panduan dari Dirjen Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan  2003  dan surat edaranDirjen Dikti  15  Juli  2011; tentang masa  Orientasi  Mahasiswa   Baru. Materi – materi  yang diberikan antara lain;  Filosofit Orientasi Pendidikan Tinggi di Indonesia; Pembelajaran  di Perguruan Tinggi;  Administrasi Keuangan dan Struktur Organisasi Uniflor,  Organisasi Kegiatan  Kemahasiswaan, RelasiInternal dan Eksternal  institusi Perguruan  Tinggi,  Bahaya  Narkoba dan akibat  pergaulan  bebas, Pengenalan Nilai  Budaya, tata krama dan etika keilmuan,  Pancasila  dan  UUD 1945,   Layanan sistem informasi akademik,  Komunikasi  efektif, Wawasan Kebangsaan/Nasionalisme,  Informasi kesehatanReproduksi  Remaja/HIV/AIDS,  dan  Organisasi  Kemahasiswaan.

    Ketua Panitia  Ordik; Ir. Mansuetus  Gare,MT. dalam sambutan mengatakan, Orientasi Pendidikan calonmahasiswa baru  Uniflor  merupakan salah satu agenda rutinmenyambut Mahasiswa Baru. Kegiatan ini merupakan sarana pengenalan kampus menuju suatu iklim akademik serta memiliki fungsi strategis,mengenal, mengakrabkan  serta  menumbuhkan rasa kepekaan mahasiswabaru terhadap lingkungan Kampus.Kegiatan ini memiliki tujuan sebagai salah satu bentuk interaksi dan sosialisasi antar mahasiswa sebagai bekal pada awal kuliah dan rasa keakraban dan beradaptasi dengan kehidupan kampus dan dunia Perguruan Tinggi pada umumnya.

    Rektor Universitas Flores, Prof. Dr. Stephanus Djawanai, MA.ketika memberikan materi menjelaskan,orientasi  ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kebangsaan, membangunwatak, motivasi  belajar, budaya akademik  yang menunjang kejujuran,kecerdasan, kepedulian  dan tanggung jawab insanIndonesia yang beranekaragam, melalui pendidikan membuat manusia  menjadi  cerdas, berpikir yangbaik dan benar, kreatif dan utuh dan memerlukan ketrampilan yang dicapaimelalui latihan, disiplin yang ditanamkan melalui pendidikan agar manusiamemiliki  integritas kepribadian yang  membanggakan.Filosofi ini berhubungan dengan pengetahuan dan akal budi untuk membangun kreatifitas, kegiatan dan organisasi kemahasiswaan.Mahasiswa harus membangun motivasi belajar menjadi pribadi mandiri dantidak  bergantung  pada orang lain, belajar  hidup  sebagai  orang  dewasa, tegasnya. (fans ).(Suara Uniflor,Flores Pos,Selasa,26/8/2014).

Berita Terkait