Fakultas & Program Studi


EVENTS

Fakultas Ekonomi


VISI

 

MENJADI FAKULTAS YANG UNGGUL DAN TERPERCAYA SEBAGAI MEDIATOR BUDAYA  DALAM BIDANG EKONOMI

 

 

 

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang makna visi Fakultas Ekonomi:

 

1. Fakultas  Unggul  adalah  Fakultas  yang  memenuhi  kepatuhan  (compliance)    yakni  yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan tatakelola guna menghasilkan lulusan yang unggul. Lulusan yang unggul berarti: lulusan memiliki kompetensi dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap.

2. Fakultas terpercaya artinya Fakultas Ekonomi menjadi fakultas pilihan atau preferensi bagi stake holder.

3. Mediator   budaya   dalam   bidang   ekonomi   artinya   mampu   menciptakan   output   yang menjembatani budaya ekonomi tradsional dan budaya ekonomi modern. Fakultas Ekonomi menghasilkan output yang berkarakter humanis. Proses pembelajaran di Fakultas Ekonomi memperkenalkan mahasiswa dengan pikiran para genius modern dan genius lokal. Dengan demikian lulusan Fakultas Ekonomi harus memiliki pengetahuan ilmiah modern berdasarkan teori, metode dan transformasi data zaman baru dan yang mampu   mengkomunikasikannya kepada   masyarakat   yang   memiliki   pengetahuan   tradisional   berdasarkan   akumulasi pengalaman lokal. Seorang lulusan Fakultas Ekonomi harus mampu membangun hubungan, menunjukkan relevansi antara pengetahuan ilmiah dan pengetahuan alamiah. Lulusan yang memahami fungsinya sebagai mediator akan masuk ke dalam dunia kerja di  masyarakat dengan perangkat pengetahuan (hasil pengajaran dan belajar), ketrampilan (hasil pelatihan) dan sikap (hasil pembentukan kepribadian) yang benar tentang hakikat hidup, dan ia harus menjadi pencerah bagi masyarakat berdasarkan pengalaman alamiah semata-mata. Lulusan yang paham akan fungsinya sebagai mediator budaya pasti menyiapkan diri untuk bekerja secara profesional, artinya melakukan pekerjaan dalam suatu bidang keahlian dengan sebaik- baiknya, yaitu dengan menekankan kejujuran, kepedulian, dan etos kerja yang baik.

 

 

MISI

 

1. Melaksanakan  pendidikan  untuk  menciptakan  lulusan  yang  professional  dan  mempunyai keunggulan kompetitif dalam bidang ekonomi.

2. Melaksanakan penelitian berkelanjutan untuk pengembangan ilmu dan kebijakan ekonomi yang  sesuai  dengan  perkembangan  perekonomian  serta  menyebarluaskan  hasil-hasilnya kepada masyarakat.

3. Melaksanakan  pengabdian  kepada  masyarakat  yang  selaras  dengan  pembangunan  sosial ekonomi masyarakat.

 4. Memberikan pelayanan prima kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat umum.

 

 

TUJUAN FAKULTAS EKONOMI

 

1. Menghasilkan lulusan yang profesional dan mempunyai keunggulan kompetitif dalam bidang ekonomi.

2. Menghasilkan penelitian yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam pengembangan ilmu.

 3. Menyebarluaskan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

 4. Terwujudnya  pelayanan  secara  prima  yang  dapat  memenuhi  dan  memuaskan  civitas akademika dan masyarakat.

 

 

SASARAN FAKULTAS EKONOMI

 

1. Tujuan  ( 1 )  “Menghasilkan  lulusan  yang  profesional  dan  mempunyai  keunggulan kompetitif dalam bidang ekonomi”.

Sasarannya:

1)  Terwujudnya kurikulum pada masing-masing program studi yang   berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

2) Terwujudnya peningkatan  lulusan yang tangguh dan berwawasan ilmiah yang luas dalam bidang Ekonomi dan mampu  mengintegrasikan  pengetahuannya  dalam  pelaksanaan tugas-tugas profesionalnya yang dilandasi oleh kepribadian yang integratif, jujur, berbudi luhur, disertai dengan etos kerja yang tinggi.

 

 2. Tujuan ( 2 ) “Menghasilkan penelitian   yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam pengembangan ilmu”.

Sasarannya:

1)  Terwujudnya penelitian yang berkualitas dalam bidang ekonomi.

2)  Terwujudnya penelitian yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.

 

 3. Tujuan ( 3 ) “Menyebarluaskan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Sasarannya:

Terwujudnya kegiatan pengabdian masyarakat dengan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan pemanfaatan hasil penelitian dalam masyarakat.

 

4. Tujuan ( 4  ) “Memberikan pelayanan prima  kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat umum”.

Sasarannya:

Terwujudnya pelayanan yang ramah, tepat, cepat dan bertanggung jawab kepada segenap civitas akademika dan masyarakat umum.


Fakultas Ekonomi terdiri dari beberapa jurusan sebagai berikut: