UNIVERSITAS FLORES BERSAMA MITRA MELAKSANAKAN KEGIATAN BEDAH RUMAH

Ditulis pada Rabu, 31 Okt 2018 oleh:

Foto: Mahasiswa Uniflor bersama-sama TNI Kodim 16o2 Polres, dan Brimob Ende merubuhkan rumah masyarakat yang akan di renovasi, di Kelurahan Roworena, Kec. Ende Utara, Kab. Ende. As 

 

Tridharma perguruan tinggi memang harus diamalkan karena merupakan sebuah tanggung jawab suatu perguruan tinggi berada ditengah tengah masyarakat. Oleh sebab itu Universitas Flores terus menggalakan para Dosen dan mahasiswanya untuk lebih dekat dengan masyarakat melalui berbagai kegiatan di masyarakat.

            Tanggal 27/10/18 Universitas Flores mengadakan abdimasyarakat dalam bentuk Bedah Rumah masyarakat tidak layak huni. Salah satu rumah yang berada di RT. 07, RW. 04, Kelurahan Roworena, Kecamatan Ende Utara mendapatkan bantuan untuk dibangun rumah baru atau dengan bahasa kininya di bedah, mulai dari dasar hingga secara keseluruhan. Bangunan ini dipilih untuk dibangun ulang karena kondisinya sangat memperihatinkan dan dianggap tidak layak huni. Bangunan rumah tersebut merupakan rumah milik Bapak Aloysius Wisu yang merupakan masyarakat di lingkungan Kelurahan Roworena Kecamatan Ende Utara Kabupaten Ende.

            Kegiatan Sosial ini juga mendapatkan dukungan dari beberapa instansi terkait seperti TNI Kodim 16o2, Polres Ende, dan Brimob Ende serta Pemerintah yang bertanggung jawab di wilayah Setampat. Universitas Flores melibatkan kurang lebih 300 mahasiswa untuk membantu kerja fisik serta kontribusi pengadaan material bangunan. TNI Kodim 16o2, Polres, dan Brimob Ende juga mengirimkan personilnya untuk turut berpatisipasi bergotong royong serta dukungan transportasi untuk mengakomodasi kegiatan tersebut.

            Ceremony sebelum dilakukan bedah rumah didahului oleh doa dan beberapa sambutan oleh perwakilan dari beberapa intansi yang turut berpartispasi dalam kegiatan tersebut diantaranya Dosen Pengasuh Mata kuliah PPKN Universitas Flores, Perwakilan TNI Kodim 16o2, Polres Ende, Brimob Ende, Pemerintah setempat dan Rektor Universitas Flores sekaligus membuka kegiatan bedah rumah. Dalam sambutannya Rektor Universitas Flores Dr. Simon Sirapadji, MA menyampaikan bahwa, kegiatan bedah rumah ini merupakan kegiatan yang sangat positif, sehingga perlu terus dijaga keberlanjutannya baik itu kerjasama mitra, serta sebagai upaya menumbuh-kembangkan rasa kecintaan generasi muda (mahasiswa) terhadap tanah airnya serta peka terhadap lingkungan sekitar. 

            Bapak Aloysius yang diwakili salah satu warga masyarakatnya saat diwawancarai langsung dirumahnya bahwa, saya sangat bersyukur dan berterimakasih atas bantuan Universitas Flores, TNI Kodim 16o2, Polres, serta Brimob Ende yang telah bersedia memberikan sumbangan material serta tenaga untuk membangun kembali rumah tinggal saya. Dalam keseharian hidup saya penuh dengan keterbatasan karena hidup sendiri di gubuk tua ini dan atapnya sudah pada bocor, Tandasnya.

            Fridolin Marianus Nuwa Azi yang merupakan koordinator mahasiswa juga menyampaikan bahwa rata-rata mahasiswa yang dilibatkan pada kegiatan ini merupakan mahasiswa tinggkat I/ semester I yang tergabung dalam Komunitas Bhineka Tunggal Ika yang juga merupakan mahasiswa yang memprogram matakuliah PPKN dimana para mahasiswa diajarkan sedini mungkin untuk turut serta aktif dalam kegiatan perguruan tinggi di masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara juga fridolin menambahkan bahwa kegiatan ini telah dipersiapkan sejak 1 bulan sebelumnya guna memperlancar kagiatan ini.

            Kegiatan ini juga didamping oleh dua orang dosen pendamping yaitu bapak Karolus Charlaes Bego, SH., M.Sc, selaku Dosen pendamping Mata Kuliah PPKN serta Kepala Lembaga Kantor Kerja Sama Universitas Flores, dan dibantu oleh Damianus Rikardo Sumbi Wasa, S.Pd., M.Pd. salah satu Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores. Karolus Charlaes Bego, SH., M.Sc, menyampaiakan Bahwa, kegiatan ini sengaja melibatkan mahasiswa bertujuan untuk pembentukan karakter sebagai pemuda harapan bangsa yang selalu peduli sesama, dan cinta tanah air, maka mahasiswa dididik untuk mengaktualkan teori yang diperoleh saat kuliah (kuliah Lapangan. As

 

Cetak: Kategori: Kegiatan Mahasiswa
Bagikan:

BEM FTI Gelar Sarasehan di SMPN Satap Koawena

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Informasi (FTI), Universitas

Lawatan Prodi Pendidikan Sejarah

Pada Selasa, 6 November 2018 berlangsung kegiatan lawatan sejarah yang dilakukan

SERAH TERIMA RUMAH LAYAK HUNI

FOTO: 29/10/18, Pose besama mahasiswa Universitas Flores bersama Dosen Pendampin


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2018

cms by Technophoria Indonesia