Kuliah Tamu dari Rumah Intaran Bali

Ditulis pada Senin, 12 Nov 2018 oleh:

Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Arsitektur mendapat kesempatan belajar memanfaatkan dan menggali material lokal di daerah Flores khususnya, untuk dimanfaatkan tanpa merusak atau menambah kerusakan alam dan sekitarnya. Belajar bersama pemilik Rumah Intaran Bali, Gede Kresna ternyata membuat mahasiswa merasa bersemangat, pasalnya Gede Kresna sangat atraktif dalam menyampaikan materinya dengan menarik perhatian tiap mahasiswa. Setiap mahasiswa diajak aktif berkomunikasi dalam menyampaikan opininya menggenai hal hal atau materi yang diperlihatkan Gede Kresna melalui layar monitor.

Banyak materi lokal di Ende dan Flores yang Gede Kresna angkat sebagai contoh untuk memberi stimulus bagi mahasiswa agar lebih menggali potensi dan manfaatnya, terutama bagi peningkatan ekonomi kreatif.

Selain membawa kuliah tamu, Gede Kresna melanjutkan diskusi bersama dosen, karyawan dan beberapa tamu undangan, seperti kepala desa, dan kepala dinas. Hadir Kepala Dinas Penanaman Modal Daerah Kabupaten Ende, turut memberikan materi menggenai pemanfaatan bambu sebagai komoditi daerah yang dapat menunjang pendapatan masyarakat.

Gede Kresna mengajak mahasiswa untuk berfikir dan menggali sesuatu hal melebihi ambang batas normal pemikiran, karena pada akhirnya akan menimbulkan suatu ide atau gagasan baru. Beliau mengatakan, Rumah Intaran Bali memiliki dasar gagasan dalam berkarya dengan menjalankan faham tersebut. Sehingga tidak mengherankan bila cara beliau melihat sesuatu bukan dari permukaan tetapi lebih melihat ke dalam. Konsep berfikir ini yang ingin Gede Kresna tularkan pada mahasiswa.

Sebagai informasi, Rumah Intaran Bali menerima beberapa mahasiswa Fakultas Teknik untuk magang selama beberapa bulan. Mahasiswa belajar berkarya memanfaatkan kearifan lokal, dan belajar  pendokumentasian sebuah proses kegiatan pembuatan beberapa karya seni yang berbasis alam. Fakultas Teknik untuk kali ke dua telah menggirim mahasiswa untuk magang di Rumah Intaran Bali dibawah asuhan Gede Kresna dan teman temannya.

Diskusi diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh Dekan Fakultas Teknik kepada Gede Kresna, selendang tenun ikat Ende.

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Not categorized!
Bagikan:

LP2M SELENGGARAKAN WORKSHOP PENGELOLAAN JURNAL BERBASIS OJS

LP2M menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal Berbasis OJS (Open Journal Sis

HMPS PRODI PENDIDIKAN FISIKA GELAR LKMM UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA DAN BIOLOGI

Pada Rabu (2/10/2019) bertempat di Anjungan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra I

SARJANA PENDIDIKAN BERKUALITAS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

PENDIDIK BERKUALITAS MENJADIKAN SDM UNGGUL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Or


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia