Uniflor dan CSR BNI46 Membangun Distribusi Air Bersih di Dusun Tanah Merah

Ditulis pada Selasa, 25 Jun 2019 oleh:
Pembangunan saluran distribusi air bersih di dusun Tanah Merah, Desa Tanali, merupakan kegiatan sosial berkat kerja sama antara Corporate Social Responsible BNI 46 (CSR BNI46) dengan pihak Universitas Flores (Uniflor). Oleh karena itu masyarakat diharapkan sama-sama mendengarkan dan memerhatikan hal-hal yang disampaikan oleh pihak-pihak terkait dalam kegiatan sosialisasi ini agar program dapat berjalan.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Tanali Dominggus Gema Galgani dalam kegiatan Sosialisasi Pembangunan Distribusi Air Bersih di Dusun Tanah Merah, Desa Tanali, Kecamaran Wewaria, Kabupaten Ende, pada Selasa (25/6/2019), pukul 09.00 Wita s.d. selesai. Kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Tanali tersebut dihadiri oleh sejumlah masyarakat Dusun Tanah Merah bersama Kepala Desa Tanali beserta jajarannya, Tim dari Uniflor, Tim dari CSR BNI46 Ende, Kabid Pengembangan dan Perencanaan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Ende Aburahman Pua Meno, dan Camat Wewaria Paulus Alexius Nggarang, S.Sos.
 
Pusat Studi Pengembangan Sumber Daya Air (PSDA) - LPPM - Uniflor telah menunjuk Konsultan Pusat Studi PSDA (Ahli Sumber Daya Air: Utama - LPJK/HATHI, No.Reg.: 1.2.211.1.033.09.1114733) Dr. Ir. Susilawati Cicilia Laurentia, MScHE. sebagai Koordinator Pelaksanaan. Adapun tim pelaksana kegiatan terdiri atas Penanggungjawab Pelaksanaan Kegiatan Kepala Pusat Studi PSDA - LPPM - Uniflor dan dosen tetap Prodi Teknik Sipil Uniflor Indah Wahyuning Tyas, S.T., M.T., anggota Tim Pelaksana Kegiatan Erik Tjandra Widjaksono, S.T., M.T., dan tenaga terampil lainnya.
 
Dalam sambutannya Abdurahman Pua Meno menjelaskan salah satu tugas dan fungsi Dinas Penanaman Modal dan PTSP yaitu melakukan koordinasi dengan stake holder terkait di Kabupaten Ende yang hendak berinvestasi. Berkaitan tugas dan fungsi ini, pihaknya telah melakukan koordinasi baik dengan BUMN di tingkat pusat maupun di daerah, serta ini merupakan tugas dan tanggung jawab dari pemerintah daerah sendiri untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Adanya investasi dari pihak BUMN sangat membantu karena tentu APBD tidak mampu memenuhi semua kebutuhan yang diusulkan oleh masyarakat dalam waktu bersamaan. Lebih lanjut Abdurahman mengucapkan terima kasih atas kehadiran BUMN yang ada di Kabupaten Ende yang telah melakukan tanggung jawab sosial dalam artian memberikan bantuan-bantuan CSR.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Pemimpin Bidang Bisnis BNI 46 Ende Syafrudin Zuhri yang mengatakan bahwa sebelum program ini dimulai sudah dilakukan koordinasi dengan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Ende dan harus dilakukan sosialisasi dengan masyarakat setempat. Syarfudin menekankan bahwa BNI 46 Ende sebagai salah satu BUMN mempunyai tugas, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap masyarakat dan komunitas. Harapan CSR BNI 46 adalah apa yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan, terutama sudah dilakukan kerja sama dengan Tim dari Uniflor sehinga untuk selanjutnya dapat dilakukan pendampingan terhadap masyarakat setempat.
 
Dalam paparan materinya, Indah Wahyuning Tyas menjelaskan bahwa program ini merupakan kerja sama tiga komponen yaitu CSR BNI 46 dari Alokasi Dana Bina Lingkungan dari BNI 46 untuk Dusun Tanah Merah, Pusat Studi PSDA yang melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi (Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, selain Pengajaran), serta masyarakat Dusun Tanah Merah itu sendiri. Ketiga komponen tersebut bersatu dalam pemenuhan air bersih bagi masyarakat Dusun Tanah Merah.
 
Dusun Tanah Merah sendiri terdiri dari sekitar 30 rumah tinggal, menyebar dalam suatu bukit dengan bangunan yang memiliki elevasi paling tinggi adalah Kapela. Di dusun ini pernah dibangun sarana distribusi air dengan beberapa bak dan sistem perpipaan, namun air bersih tidak dapat mengalir. Sementara itu sumur bor yang berada di RSD Tanali belum bisa dimanfaatkan karena tidak tersedianya sumber energi. Dalam perencanaan program ini, kemungkinan air yang diambil adalah air dari Embung 3 di sebelah hulu dari RSD Tanali, yang salah satu pipanya telah dialirkan di rumah Kepala Desa Tanali.
 
Adapun jadwal waktu perencanaan dimulai dari persiapan (survey ke lokasi), pengumpulan data primer dan sekunder, pengumpulan data hidrologi/iklim analisis kebutuhan air bersih warga, analisis jaringan pipa - reservoir - dan HU, analisis kelola air hujan, telah dilakukan sejak bulan April hinggan Mei 2019. Sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan sosialisasi hasil perancangan, pendampingan pelaksanaan konstruksi, hingga laporan kegiatan dan artikel ilmiah, dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli 2019.
 
Usai penjelasan materi kegiatan dilanjutkan dengan tanya-jawab.(2teh).
Cetak: Kategori: Berita
Bagikan:

Uniflor dan CSR BNI46 Membangun Distribusi Air Bersih di Dusun Tanah Merah

Pembangunan saluran distribusi air bersih di dusun Tanah Merah, Desa Tanali, me

Kerja Sama FKIP Uniflor dengan SMPS Kelimutu Ende

Pada Selasa (8/6/2019), pukul 09.00 Wita s.d. selesai, bertempat di ruang Perpu

Evaluasi Kinerja Dosen Penerima Sertifikasi Dosen

Pada Sabtu (15/6/2019), pukul 09.00 Wita, berlangsung kegiatan Evaluasi Kinerja


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia