Pertama Kali di Uniflor KKN PPM dengan Dana Kemenristek Dikti

Ditulis pada Senin, 22 Jul 2019 oleh:

Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu mata kuliah lapangan yang bersifat wajib dan tercantum dalam kurikulum program S1 Universitas Flores. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2019 sekaligus Kepala Pusat Studi Pengelolaan dan Pengembangan KKN (P3KKN) Universitas Flores (Uniflor) Yohanes Paulus Luciany, S.E., M.Si. dalam kegiatan Pembukaan Pembekalan KKN 2019. Lebih lanjut Ketua Pelaksana KKN 2019 mengatakan bahwa beberapa aspek yang diperhatikan dalam pelaksanaan KKN adalah keterpaduan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat; pendekatan interdisipliner dan komprehensif yang artinya KKN bertolak dari permasalahan nyata masyarakat yang didekati menggunakan segala ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang sudah, sedang, dan atau akan dipelajari; lintas sektoral; dimensi yang luas dan pragmatis, keterlibatan masyarakat secara aktif; keberlanjutan dan pengembangan; dan bertumpu pada sumber daya lokal.

Dan untuk pertama kali P3KKN lolos seleksi dan menerima dana hibah Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kemenristek Dikti. Ada 3 (tiga) lokasi KKN PPM dengan dana hibah Kemenristek Dikti yaitu Desa Anaraja di Kecamatan Nangapanda – Kabupaten Ende, Desa Wolofeo di Kecamatan Detusoko – Kabupaten Ende, dan Desa Nggedhawe di Kecamatan Aesesa – Kabupaten Nagekeo. 3KKN akan berupaya tahun depan terjadi peningkatan jumlah lokasi yang lolos seleksi skema hibah KKN PPM.

Kegiatan Pembukaan Pembekalan KKN 2019 pada Senin (22/7/2019), bertempat di Auditorium H. J. Gadi Djou, pukul 09.00 Wita, tersebut dihadiri oleh 973 (semilan ratus tujuh puluh tiga) peserta KKN. Turut hadir masing-masing Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Dekan, dan Kaprodi se-lingkup Uniflor, Wakil Rektor Bidang Akademik Yohanes Laka Suku, S.T., M.T., dan Rektor Uniflor Dr. Simon Sira Padji, M.A.

Dalam sambutannya Rektor Uniflor mengatakan bahwa KKN merupakan mata kuliah seperti halnya mata kuliah lainnya. Karena KKN merupakan mata kuliah, maka akan terjadi proses belajar mengajar. Peserta KKN tidak saja pergi ke lokasi KKN dan berhura-hura di sana lantas pulang dan mendapat nilai dan sertifikat. KKN berarti terjadi proses pembelajaran. Apa yang dipelajari peserta KKN di lokasi selain kegiatan-kegiatan pelaksanaan program kerja adalah peserta juga belajar tentang soft skills. Soft skills yang dimaksud antara lain tentang tata cara berkomunikasi peserta KKN dengan masyarakat dan orang-orang yang belum pernah mengenyam bangku kuliah.

Lebih lanjut, alasan KKN ditempatkan di ujung masa studi dikarenakan perlunya persiapan-persiapan yang matang. Semua mata kuliah yang diperoleh peserta KKN di bangku kuliah selama 6 (enam) semester akan mendukung pelaksanaan proses pembelajaran di lapangan. Karena kegiatan belajar mengajar dalam bentuk KKN ini unik, maka diperlukan persiapan khusus dalam bentuk pembekalan dengan harapan agar langkah peserta ke lokasi KKN nanti semakin mantap. Oleh karena itu Rektor Uniflor meminta kepada semua peserta KKN untuk mengikuti secara serius selama dua hari pembekalan.

Usai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan dengan pemateri dan materi antara lain: Budaya, Etika, dan Moral di Masyarakat oleh Rektor Uniflor Dr. Simon Sira Padji, M.A.; Kebijakan Pemerintah Kabupaten Ende Dalam Pembangunan Desa dan Kelurahan oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Ende Adrianus Yosafat Muda, S.T.; Produk-Produk dari Desa oleh Ferdinandus Watu, S.Fil.; Desa Sadar Wisata oleh Dr. Josef Alfonsius Gadi Djou, S.E., M.Si.; Potensi dan Posisi Mahasiswa Dalam Pembangunan NTT oleh Angelius Wake Kako, S.Pd., M.Si.; hingga materi tentang Cara Penyusunan Laporan KKN 2019 oleh Yohanes Paulus Luciany, S.E., M.Si.

KKN 2019, dengan tema Bersama KKN Uniflor Mari Kita Membangun Desa dan Menata Kota, dilaksanakan sejak 29 Juli 2019 s.d. 7 September 2019 (1,5 bulan) dengan lokasi di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Ende yang terbagi pada Kecamatan Wolowaru, Kecamatan Ndori, Kecamatan Lio Timur, Kecamatan Lepembusu Kelisoke, Kecamatan Kelimutu, Kecamatan Detusoko, Kecamatan Ende Timur; Kabupaten Sikka pada Kecamatan Tanah Wawo; dan Kabupaten Nagekeo pada Kecamatan Aesesa.(2teh).

Bagikan:

HMPS PRODI PENDIDIKAN FISIKA GELAR LKMM UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA DAN BIOLOGI

Pada Rabu (2/10/2019) bertempat di Anjungan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra I

SARJANA PENDIDIKAN BERKUALITAS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

PENDIDIK BERKUALITAS MENJADIKAN SDM UNGGUL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Or

PTK ITU MUDAH KARENA GURU SUDAH MELAKUKANNYA

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia