Pelepasan Mahasiswa KKN - PPM ke Desa Ngegedhawe, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo

Ditulis pada Senin, 29 Jul 2019 oleh:

Sejumlah 20 (dua puluh) mahasiswa peserta KKN 2019 diberangkatkan ke Desa Ngegedhawe, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, pada Sabtu (27/7/2019). Desa Ngegedhawe sendiri merupakan desa penerima dana hibah Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kemenristek Dikti dari tiga proposal yang lolos diajukan oleh usat Studi Pengelolaan dan Pengembangan KKN (P3KKN) Universitas Flores (Uniflor). Dua desa lainnya yang juga menerima dana ini adalah Desa Anaraja di Kecamatan Nangapanda dan Desa Wolofeo di Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende.

Acara pelepasan dilaksanakan di Lapangan Futsal Kampus II Uniflor, pukul 09.00 Wita, dihadiri oleh 3 (tiga) Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Agustinus F. Paskalino Dadi, S.Fil., M.Hum, Virgilius Bate Lina, S.Pd., M.Pd., dan Maria Helena C. Dua Mea, S.S., M.M. Turut hadir Kepala P3KKN Yohanes Paulus Luciany, S.E., M.Si., Sekretaris P3KKN Yohanes Y. W. Kean, S.Pd., M.Pd., dan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Dr. Willybrordus Lanamana, MMA.

Dalam sambutannya Kepala P3KKN menyampaikan terima kasih kepada Rektor Uniflor yang diwakili oleh Kepala LP2M selaku penanggung jawab utama untuk KKN – PPM. Lebih lanjut Kepala P3KKN mengatakan sangat berbangga karena KKN – PPM untuk di Desa Ngegedhawe, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, juga di dua desa lainnya, untuk pertama kali dibiayai oleh Kemenristek Dikti. DPL telah menginformasikan tentang kegiatan yang perlu dilaksanakan dan kegiatan tersebut harus behasil karena akan dimonitoring oleh Kemenristek Dikti melalui perpanjangan tangan yaitu Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti). Kepala P3KKN juga berharap peserta dapat menjaga nama baik Uniflor selama berada di lokasi KKN selama 1 (satu) bulan 10 (sepuluh) hari.

Sementara itu Kepala LP2M dalam sambutannya mengatakan bahwa KKN – PPM merupakan pilot project yangmana harus bisa mendapat predikat baik agar di tahun mendatang lebih banyak proposal yang lolos di Kemenristek Dikti untuk KKN – PPM. Kepala LP2M juga berharap agar mahasiswa harus menjalankan kegiatan dengan sungguh-sungguh dan memperoleh hasil yang maksimal karena dana yang digunakan untuk kegiatan akan dimonitoring dan dievaluasi (monev) oleh pihak internal dan pihak eksternal yaitu L2Dikti, harus menjaga nama baik Uniflor, menjaga nama baik keluarga dan pribadi.

Peserta tiba di Desa Ngegedhawe pukul 12.30 Wita disambut oleh Sekretaris Desa Ngegedhawe Ferdinandus Juma, S.Sos., Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Fransiskus Karae, dan sejumlah staff desa. Dalam sambutannya Sekdes Ngegedhawe menyambut baik kedatangan peserta KKN – PPM 2019 di Desa Ngegedhawe yang bisa dikatakan keberlanjutan dari kegiatan KKN 2018. Terkait tema KKN – PPM 2019 di Desa Ngegedhawe yaitu Literasi Desa, pemerintah desa mengharapkan dengan dibangunnya rumah baca ini akan dapat menambah khasanah literasi dan wawasan bagi masyarakat desa, terkhusus generasi baik dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, serta bisa memberikan kontribusi yang baik bagi desa.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua BPD yang mengatakan bahwa rumah baca akan memberikan dampak positif yang sangat besar kepada anak-anak usia dini. Perlu diketahui bahwa rumah baca ini baru pertama kali dibangun di Desa Ngegedhawe, bahkan untuk Kabupaten Nagekeo.

DPL Agustinus F. Paskalino Dadi, S.Fil., M.Hum. menekankan bahwa KKN – PPM merupakan pertama kali dilaksanakan di Uniflor dengan bantuan dana dari Kemeristek Dikti dan berharap baik masyarakat maupun mahasiswa dan DPL dapat mensukseskan program tersebut. Terkait rumah baca yang baru pertama kali dibangun, DPL mengatakan bahwa selama ini rumah baca yang ada merupakan rumah baca yang bergabung dengan rumah warga, bukan bangunan khusus untuk rumah baca. Agustinus berharap rumah baca kelak dapat menjadi sentral dimana warga, baik anak-anak maupun orang dewasa, dapat datang ke rumah baca untuk membaca apa saja yang dibutuhkan. Meskipun sekarang telah memasuki era ditigal dimana sudah banyak informasi yang dibaca melalui internet di telepon genggam, tetapi membaca buku adalah salah satu cara untuk sebuah peradaban lebih maju. Mengenai jadwal kegiatan dari program KKN – PPM yang sudah disusun, pihak DPL akan menyesuaikan dengan kegiatan di desa.

Kegiatan penyambutan peserta KKN – PPM 2019 di Desa Ngegedhawe berakhir pukul 14.30 Wita dan peserta diantar ke rumah induk semang masing-masing di empat dusun yaitu Dusun Keda, Dusun Malagase, Dusun Aejari, dan Dusun Wolowea.(2teh).

Cetak: Kategori: Berita, Kegiatan Mahasiswa
Bagikan:

HMPS PRODI PENDIDIKAN FISIKA GELAR LKMM UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA DAN BIOLOGI

Pada Rabu (2/10/2019) bertempat di Anjungan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra I

SARJANA PENDIDIKAN BERKUALITAS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

PENDIDIK BERKUALITAS MENJADIKAN SDM UNGGUL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Or

PTK ITU MUDAH KARENA GURU SUDAH MELAKUKANNYA

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia