Revolusi Mental dan Critical Thinking Perlu Ditanamkan Sejak Dini

Ditulis pada Kamis, 15 Agu 2019 oleh:

Jujur, etos kerja, dan gotong royong, merupakan tiga poin utama dalam hal revolusi mental. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Josef Alfonsius Gadi Djou, M.Si. saat memberikan materi Revolusi Mental di hadapan 1.015 calon mahasiswa Universitas Flores (Uniflor) dalam kegiatan PKKMB pada Rabu (14/8/2019) di Auditorium H. J. Gadi Djou, pukul 15.00 Wita. Lebih lanjut Josef menjelaskan jujur terkait dengan orang yang bisa dipercaya, berkomitmen, dan bertanggung jawab. Etos kerja berkaitan dengan daya saing, optimisme, inovatif, dan produktif. Sedangkan gotong royong berkaitan dengan solidaritas, bersifat komunal, dan berorientasi kepada kebaikan banyak orang. Pada kesempatan tersebut Josef juga berpesan kepada calon mahasiswa agar tidak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting dan selalu berpikir kritis yaitu membiasakan diri berkomunikasi dengan orang banyak, mengenal – mencermati – mengevaluasi dan memperbaiki diri sendiri, serta membiasakan diri untuk memahami proses terjadinya sesuatu.

 

Sementara itu Dr. Ernesta Leha, M.Agb. dalam paparan materi tentang Critical Thinking mengatakan bahwa critical thinking merupakan proses menganalisis ide atau gagasan secara logis reflektif, sistematis, dan produktif. Manfaat critical thinking antara lain mampu menyelesaikan masalah, membantu dalam pengambilan keputusan, dapat membedakan antara fakta dan opini, serta bersikap tenang dalam menghadapi masalah yang sulit. Kepada calon mahasiswa Ernesta menjelaskan tentang cara berpikir kritis antara lain selalu berpikir dengan kepala dingin, mendahulukan logika dibanding emosi, serta selalu berpikir tentang segala kemungkinan yang terjadi.

 

PKKMB merupakan kegiatan yang penting diikuti oleh calon mahasiswa karena selain lebih dekat mengenal kehidupan kampus, mahasiswa juga memperoleh informasi penting yang disampaikan oleh para pemateri.

Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

PEDULI MASYARAKAT, PRODI AKUNTANSI MEMBAGI 500 MASKER KAIN

Pada Jum’at (18/4/2020) Prodi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas

MELALUI E-LEARNING DOSEN LEBIH BERTANGGUNGJAWAB, DISIPLIN, DAN KREATIF

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Flores (Uniflor) sejak semester sebelum

PERTAMA KALI DI UNIFLOR UJIAN PROPOSAL SKRIPSI ONLINE OLEH PRODI PENDIDIKAN FISIKA

Pada Jum’at (27/3/2020) dan Rabu (01/3/2020) sejumlah 16 (enam belas) maha


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2020

cms by Technophoria Indonesia