Pelatihan Pembuatan Pupuk dan Pestisida di Dusun Detubapa Oleh Peserta KKN-PPM Uniflor 2019

Ditulis pada Selasa, 27 Agu 2019 oleh:

Mahasiswa peserta KKN-PPM Uniflor 2019 yang ditempatkan di Desa Wolofeo, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, pada Selasa (27/8/2019) mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk dan pestisida bersama warga di rumah Kepala Dusun Detubapa. Didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Yustina M.S.W. Pu’u, S.P., M.P. dan J.P. Anasaga, S.P., M.P, serta ditemani dosen Fakultas Pertanian Charly Mutiara, S.P., M.Si., kegiatan berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 14.00 Wita. Turut hadir Kepala Desa Wolofeo Silvester Radja.

 

Dalam kegiatan pelatihan tersebut warga dusun secara aktif terlibat dalam pembuatan pupuk cair, pupuk padat, mol, serta pestisida nabati yang diarahkan secara bergantian oleh peserta KKN-PPM. Pupuk dan pestisida yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami antara lain daun sirsak, daun kirinyuh, daun kulit jagung, batang pisang, kotoran sapi, dan rumen sapi, serta bahan-bahan tambahan seperti air gula, sabun colek, hingga terasi. Bahan-bahan pembuatan pupuk dan pestisida tersebut tersedia dan mudah didapat di Dusun Detubapa pada khususnya dan di Kecamatan Detusoko pada umumnya.

 

Menjawab pertanyaan warga Dusun Detubapa pada sesi tanya-jawab, Yustina Pu’u membantu mahasiswa menjelaskan lebih detail tentang penyimpanan, jangka waktu penggunaan pupuk dan pestisida yang dibuat, tata cara penggunaannya, serta manfaat setiap bahan yang digunakan. Lebih jauh tanya-jawab berkembang antara lain tentang perawatan tanaman kakao yang mana ditekankan harus sering dilakukan sanitasi lingkungan kebun kakao serta peremajaan pohon kakao.

 

Pada kesempatan berbeda Yustina Pu’u menjelaskan bahwa pelatihan pembuatan pupuk dan pestisida serta penyuluhan tentang perkebunan dan pertanian sudah dilakukan sejak 20 (dua puluh) mahasiswa peserta KKN-PPM Uniflor 2019 tiba di Desa Wolofeo dengan lokasi di dusun berbeda dan turut melibatkan warga karena KKN-PPM tidak saja melibatkan peserta KKN-PPM tetapi menekankan pada partisipasi warga.

 

Pada hari yang sama peserta KKN-PPM Uniflor 2019 juga dikunjungi oleh supervisor yaitu Ferdinandus Lidang Witi, S.E., M.Kom. yang bertugas melakukan supervisi ke semua desa dan kelurahan di Kecamatan Detusoko. Dalam pesannya Ferdinandus mengatakan bahwa program pemberdayaan masyarakat sudah berlangsung dan dapat berlanjut untuk periode selanjutnya di Desa Wolofeo.(2teh).

Cetak: Kategori: Berita, Kegiatan Mahasiswa
Bagikan:

KERJA SAMA UNIFLOR DAN KANWIL DJP NUSA TENGGARA

Rektor Universitas Flores (Uniflor) Dr. Simon Sira Padji, M.A. mengucapkan teri

KULIAH UMUM ADVOKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI PERGURUAN TINGGI

Kuliah umum dengan tema Advokasi Perlindungan Konsumen di Perguruan Tinggi ini

BAKTI SOSIAL “GO CLEAN, REDUCE, REUSE, RECYCLE, RE-DESIGN, RE-IMAGE”

Menyongsong 40 tahun Universitas Flores (Uniflor) pada 19 Juli 2020 mendatang, m


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia