Sosialisasi UU PKDRT Oleh Mahasiswa KKN di Kelurahan Rewarangga Selatan

Ditulis pada Kamis, 29 Agu 2019 oleh:

Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Flores (Uniflor) 2019 yang ditempatkan di Kelurahan Rewarangga Selatan menggelar kegiatan sosialisasi bertajuk Sosialisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) pada Rabu (28/8/2019), pukul 09.00 Wita, bertempat di Aula Kelurahan Rewarangga Selatan. Selain mahasiswa peserta KKN Uniflor 2019, hadir masyarakat setempat, serta Lurah Rewarangga Selatan Mohamad Ridwan, S.Sos., dan Sekretaris Lurah Rewarangga Selatan Patrisia Dala Nday, S.STP.

 

Dalam sambutannya Ketua Panitia Pelaksana Amandus Abu mengatakan bahwa kekerasan dalam rumah tangga merupakan fenomena yang terjadi dalam sebuah komunitas sosial yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Bertolak dari fenomena itu, serta mengingat mahasiswa peserta KKN Uniflor 2019 yang ditempatkan di Kelurahan Rewarangga Selatan juga ada yang berasal dari Prodi Ilmu Hukum – Fakultas Hukum, maka digelar kegiatan sosialisasi dimaksud. Sementara itu Mohamad Ridwan dalam sambutannya menyambut baik kegiatan sosialisasi ini dan berharap dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

 

Dosen Fakultas Hukum Ernesta Arita Ari, S.H., M.Hum. dalam penyampaian materinya menjelaskan tentang Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, serta gejala dan penanganan terhadap pelaku dan korban KDRT. Umumnya KDRT dilakukan dalam bentuk kekerasan fisik yang berakibat pada luka fisik dan luka psikis. Selain itu juga terjadi KDRT yaitu kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan penelantaran rumah tangga. Ernesta mengatakan bahwa KDRT dapat terjadi dan dilakukan oleh semua orang, tidak saja dilakukan oleh suami terhadap isteri dan/atau orangtua terhadap anak, tetapi juga dilakukan oleh isteri baik terhadap suami maupun terhadap anak.

 

Usai pemaparan materi tentang PKDRT dan sesi tanya-jawab, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang panduan layanan bagi peserta JKN-KIS oleh PBJS yang diwakili oleh Kamaludin.(2teh).

Cetak: Kategori: Berita, Kegiatan Mahasiswa
Bagikan:

KERJA SAMA UNIFLOR DAN KANWIL DJP NUSA TENGGARA

Rektor Universitas Flores (Uniflor) Dr. Simon Sira Padji, M.A. mengucapkan teri

KULIAH UMUM ADVOKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI PERGURUAN TINGGI

Kuliah umum dengan tema Advokasi Perlindungan Konsumen di Perguruan Tinggi ini

BAKTI SOSIAL “GO CLEAN, REDUCE, REUSE, RECYCLE, RE-DESIGN, RE-IMAGE”

Menyongsong 40 tahun Universitas Flores (Uniflor) pada 19 Juli 2020 mendatang, m


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia