Kegiatan Penghijauan Oleh Peserta KKN-PPM Di Desa Anaraja

Ditulis pada Kamis, 05 Sep 2019 oleh:

Mahasiswa peserta KKN-PPM Universitas Flores (Uniflor) 2019 yang ditempatkan di Desa Anaraja di Kecamatan Nangapanda melaksanakan kegiatan penghijauan pada Kamis (5/9/2019). Kegiatan yang berlokasi di Pantai Anaraja tersebut merupakan kerja sama antara masyarakat Desa Anaraja, KKN-PPM Uniflor 2019, Komunitas ACIL (Anak Cinta Lingkungan) Ende, dan Kodim 1602/Ende. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh masyarakat Desa Anaraja, perwakilan Komunitas ACIL, Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Pejabat Kepala Desa (PJ Kepdes) Anaraja Mursalin Oja, S.Sos., Sekretaris Camat Nangapanda Irwan Nua, M.Ad., Komandan Kodim (Dandim) 1602/Ende Letkol Inf Mochamad Fuad Suparlin, S.I.P., M.Tr., Kapolres Ende AKBP Achmad Muzayin, S.I.K., Kajari Ende Sudarso, S.H., M.H., Kepala Pengadilan Negeri Ende I Komang Didiek, S.H., Para Pasi dan Danramil Jajaran Dim 1602/Ende, Ketua Persit Kartika Cabang XIII Dim 1602/Ende Neny Novryanti beserta anggota Persit Cabang XIII Dim 1602/Ende, serta tokoh adat setempat.

Kegiatan yang dimeriahkan dengan drumband dari MTs Anaraja tersebut dimulai dengan upacara dimana PLH Bupati Ende Djafar Achmad bertindak sebagai Inspektur Upacara dan penyerahan secara simbolis anakan pohon yang hendak ditanam. Dalam sambutannya PLH Bupati Ende mengucapkan terima kasih kepada Dandim 1602/Ende beserta jajarannya. Kegiatan penghijauan merupakan suatu kesadaran diri untuk menjaga dan melestarikan suatu daerah agar kembali hijau. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung pula di daerah lain dalam wilayah Kabupaten Ende.

 

Penghijauan Merupakan Salah Satu Kegiatan KKN-PPM di Desa Anaraja

Kegiatan penghijauan yang dilakukan di Pantai Anaraja dengan menanam anakan pohon waru dan anakan pohon tanjung merupakan salah satu kegiatan peserta KKN-PPM Uniflor 2019 di Desa Anaraja. DPL yaitu Ariswan Usman Aje, M.Pd., Lely Suryani, B.A., M.A., dan Kristianus J. Tute, S.Kom, M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan lain yang telah dilaksanakan adalah psikoedukasi yang merupakan penyuluhan antara lain penyuluhan kesehatan, penyuluhan lingkungan tentang penanganan sampah, hingga psikoedukasi pendidikan di sekolah. Selain psikoedukasi ada program pemberdayaan masyarakat penenun melalui pembenetukan kelompok tenun ikat, penataan desa seperti kegiatan pembangunan gapura dan papan nama desa, dan pembangunan MCK umum untuk masyarakat.

Lebih lanjut ketiga DPL mengatakan bahwa kegiatan penghijauan sangat berguna bagi masyarakat dalam mengedukasi masyarakat dan anak muda tentang lingkungan dan masalah sampah, karena selesai penghijauan dilanjutkan dengan kegiatan clean-up sampah. Kegiatan tersebut juga sangat membantu peserta KKN-PPM untuk belajar mencintai alam dan lingkungan serta mengajarkan tentang menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas.

 

Penghijauan Merupakan Bentuk Kepedulian

Koordinator Desa (Kordes) KKN-PPM Uniflor 2019 di Desa Anaraja Quirinus Reman mengatakan bahwa kegiatan penghijauan di Desa Anaraja sangat luar biasa karena turut dihadiri oleh PLH Bupati Ende untuk membuka kegiatan penghijauan. Sebagai Kordes, Quin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja dengan caranya masing-masing dalam melancarkan kegiatan tersebut. Kegiatan penghijauan adalah bentuk kepedulian manusia yang sadar akan lingkungan demi mewujudkan hidup yang sehat untuk generasi penerus. Karena memelihara alam dan sekitar sebenarnya bukan sekadar perlu dilakukan oleh satu atau dua pihak saja tetapi merupakan tanggung jawab semua orang di ruang lingkup masing-masing.

 

Ketua Komunita ACIL Ende Menyambut Baik Kegiatan Penghijauan

Ketua Komunitas ACIL Ende Umar Hamdan menyambut baik kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh peserta KKN-PPM Uniflor 2019. Keterlibatan Komunitas ACIL Ende sudah dimulai sejak 2 Agustus 2019 dimana telah dilakukan kegiatan seminar dan dilanjutkan dengan kegiatan hijau pantai, clean up, serta edukasi pengelolaan sampah. Umar mengatakan bahwa hijau pantai dan clean up merupakan kegiatan yang sangat bagus dan sebagai bahan edukasi terhadap warga Desa Anaraja. Ia berharap semoga kegiatan KKN, baik KKN-PPM maupun KKN reguler, mendatang terus digiatkan dengan melibatkan komunitas-komunitas dan TNI sebagai mitra.(2teh).

 

 

Cetak: Kategori: Berita, Kegiatan Mahasiswa
Bagikan:

HMPS PRODI PENDIDIKAN FISIKA GELAR LKMM UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA DAN BIOLOGI

Pada Rabu (2/10/2019) bertempat di Anjungan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra I

SARJANA PENDIDIKAN BERKUALITAS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

PENDIDIK BERKUALITAS MENJADIKAN SDM UNGGUL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Or

PTK ITU MUDAH KARENA GURU SUDAH MELAKUKANNYA

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia