Salma Radykha Sulaiman Bangga Bisa Kuliah di Uniflor

Ditulis pada Sabtu, 14 Sep 2019 oleh:

Salma Radykha Sulaiman tidak pernah bermimpi untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi di daerah yang jauh dari tempat tinggalnya. Dara kelahiran Lawas, 1 Maret 1997 yang biasa disapa Salma, berasal dari Semporna Sabah dan berdomisili di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Bersama 4 mahasiswa lainnya, Salma memperoleh beasiswa afirmasi untuk mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Flores (Uniflor) dimulai pada Tahun Akademik 2019/2020 dan menjadi bagian dari Prodi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Uniflor. Sebelumnya, untuk memperoleh beasiswa afirmasi dirinya harus mengikuti jalur tes tertulis yang diselenggarakan di masing-masing provinsi dengan 4 kategori yaitu siswa yang berasal dari Papua dan Papua Barat, Wilayah Terdepan-Terluar-Tertinggal (3T), anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di wilayah perbatasan, dan penerima program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM).

 

Dalam wawancara bersama Tim Publikasi dan Humas Uniflor, Salma mengaku tidak menyangka lolos seleksi/tes dan ditempatkan di Uniflor yang berlokasi sangat jauh dari tempat tinggalnya. Ketika lolos dan mengetahui akan ditempatkan di Uniflor, dia mencari sebanyak-banyaknya informasi tentang universitas pertama di Pulau Flores ini, serta tidak menduga akan bertemu dengan banyak teman dari berbagai daerah di Indonesia karena mahasiswa Uniflor tidak saja berasal dari Pulau Flores dan sekitarnya tetapi ada juga yang berasal dari Papua, Pulau Bali, dan Pulau Sulawesi. Lebih lanjut Salma mengatakan bahwa Uniflor merupakan kampus besar dengan berbagai fasilitas yang sangat mendukung kegiatan akademik maupun ekstrakurikuler. Para pendidik rata-rata bergelar Magister dan Doktor, ruang kelas dilengkapi komputer dan LCD, SIA yang sudah komputerisasi, perpustakaan yang lengkap, unit bank untuk membayar biaya registrasi dan biaya SKS, hingga mempunyai klinik sendiri.

 

Pada awalnya Salma mengalami kesulitan untuk beradaptasi. Namun setelah beberapa bulan tinggal di Kota Ende, dia sudah mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri baik dengan dunia kampus, kultur, dan kebiasaan masyarakat Kota Ende. Salma berharap kelak dapat meraih gelar Sarjana Sastra yang diimpikan, serta dapat membanggakan orangtua.

 

Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang memiliki potensi akademik namun akses menuju pendidikan tingginya terbatas. Hal tersebut sejalan dengan salah satu tujuan ADik yaitu meningkatkan pemerataan pendidikan tinggi di Indonesia. Program ADik merupakan bentuk keberpihakan pemerintah untuk membantu perguruan tinggi mencari dan menjaring calon mahasiswa dari daerah Papua dan Papua Barat, daerah 3T termasuk anak TKI di wilayah perbatasan dan penerima program ADEM. Uniflor merupakan salah satu perguruan tinggi yang dipercaya oleh pemerintah untuk menerima mahasiswa penerima beasiswa afirmasi (ADik).

 

Jalur penerimaan peserta program ADik antara lain jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur POLTEK, dan Jalur TES ADik.(2teh).

Bagikan:

PERINGATI HARI IKAN NASIONAL KOBER YAPERTIF GELAR KEGIATAN MAKAN IKAN BERSAMA

Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 November ditetapkan oleh P

DUA MAHASISWA UNIFLOR MERAIH JUARA SEBAGAI DUTA JAMBORE PEMUDA INDONESIA NTT 2019 DAN MISS EARTH NTT 2019

Thomas E. D. Marang atau lebih akrab disapa Abang, mahasiswa Prodi Sistem Inform

PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIFLOR GELAR PELATIHAN BLOG DAN VLOG

Pada Senin dan Selasa (18-19/11/2019) Prodi Pendidikan Ekonomi pada Fakultas Keg


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia