PTK ITU MUDAH KARENA GURU SUDAH MELAKUKANNYA

Ditulis pada Jumat, 27 Sep 2019 oleh:
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya yang mensyaratkan bahwa guru wajib melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) untuk pengumpulan angka kredit. Kegiatan PKB ada 3 kelompok yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.
 
Laporan penelitian merupakan salah satu unsur publikasi ilmiah. Oleh karena itu untuk memenuhi syarat tersebut guru harus melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Kompetensi guru dalam melaksanakan PTK adalah tuntutan sekaligus kebutuhan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan keprofesionalannya. Tuntutan ini tertuang dalam Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, yaitu pada kompetensi pedagogik butir 10 dan kompetensi profesional butir 23.
 
Memasuki tahun pelajaran 2019/2020, Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Ende dalam wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), melaksanakan kegiatan Pelatihan penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada hari Sabtu, 14 September 2019. Kegiatan ini merupakan wujud kerja sama MTs Negeri 3 Ende dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores, lebih khusus Program Studi Pendidikan Fisika. Mengawali kegiatan pelatihan, Kepala MTs Negeri 3 Ende Bapak Tahrun Thalib, S.Pd mengharapkan agar seluruh guru-guru peserta pelatihan memanfaatkan momentum ini dengan baik agar nantinya minimal 70% dari peserta pelatihan mampu menghasilkan proposal PTK dan dilanjutkan sampai menghasilkan Laporan penelitian. Dikatakan juga bahwa, masih banyak guru-guru terkendala dengan kenaikan pangkat karena belum menghasilkan kaya ilmiah atau laporan penelitian tindakan kelas.
 
Wakil Dekan 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores Ibu Maimunah H. Daud, S.Si.,M.Pd.Si, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan MTs beserta seluruh guru-guru yang telah memberikan kepercayaan kepada Tim dosen FKIP Universitas Flores sebagai pendaping dan pembimbing sekaligus memberikan materi dalam kegiatan pelatihan penyusunan proposal PTK. Baliau berharap agar kegiatan ini tidak hanya berakhir dengan cerita, tetapi bermuara berupa Laporan Hasil. Disampaikan juga bahwa, 6 Program Studi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores sudah memiliki jurnal cetak ber-ISSN, dan akhir tahun ini sedang disiapkan jurnal online. Untuk itu, Wakil Dekan 2 yang lebih akrap di sapa Ibu Muna, memberi kesempatan dan peluang bagi seluruh peserta pelatihan untuk mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal tersebut.
 
Kegiatan pelatihan diawali dengan materi “Sistematika Penyusunan Proposal PTK” dan dilanjutkan dengan materi “Teknik Penyusunan Instrumen PTK”. Metode pelatihan yang diterapkan yaitu ceramah, diskusi, penugasan dan presentasi kelompok. Ada kesan positif dari kegiatan pelatihan, dimana sebagian besar guru-guru pada prinsipnya mampu dalam merancang proposal PTK, hal ini dibuktikan lewat hasil kerja kelompok dari guru-guru peserta pelatihan. Banyak guru menyadari bahwa mereka sudah melakukan proses PTK dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan tinggal dituangkan dalam tulisan yang sistematis dan ilmiah. Melkyanus Kaleka, S.Pd.,M.Pd sebagai Ketua Tim pelatih sangat berharap kegiatan ini dapat berlanjut hingga seminar proposal dan tentunya membias pada tahap-tahap selanjutnya. Seluruh dosen pendamping akan memberi ruang dan waktu untuk membantu Bapak/Ibu guru, sebagai bentuk kerja sama dan merupakan harapan bersama untuk mewujudkan pendidikan berkualitas, SDM unggul dan Indonesia maju.
 
Credits: Melkyanus Kaleka, S.Pd., M.Pd.
 
 
Cetak: Kategori: Berita, Seminar dan Workshop
Bagikan:

KERJA SAMA UNIFLOR DAN KANWIL DJP NUSA TENGGARA

Rektor Universitas Flores (Uniflor) Dr. Simon Sira Padji, M.A. mengucapkan teri

KULIAH UMUM ADVOKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI PERGURUAN TINGGI

Kuliah umum dengan tema Advokasi Perlindungan Konsumen di Perguruan Tinggi ini

BAKTI SOSIAL “GO CLEAN, REDUCE, REUSE, RECYCLE, RE-DESIGN, RE-IMAGE”

Menyongsong 40 tahun Universitas Flores (Uniflor) pada 19 Juli 2020 mendatang, m


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia