KOLABORASI PENELITIAN DOSEN DAN GURU

Ditulis pada Sabtu, 26 Okt 2019 oleh:
Kelompok MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Tingkat SMP/MTs Rayon Nangapanda yang diketuai oleh Pius Wiku, S.Pd, yang juga menjabat sebagai kepala SMPN 1 Nangapanda, kembali mengadakan Kegiatan Seminar Proposal Penelitian yang merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yaitu Workshop penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada tanggal 28 September 2019.
 
Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Flores dengan Musyawara Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Rayon Nangapanda. Pada kegiatan seminar proposal kali ini (Sabtu, 19/10/2019), diikuti oleh 6 sekolah, yaitu SMPN 1 Nangapada, SMPSK Inemete, SMPN 3 Nangapanda, SMPN 5 Nangapada, SMPN 7 Nangapanda, dan SMPN 8 Nangapanda, dengan jumlah peserta 21 orang guru.
 
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN
(Sabtu, 28 September 2019)
 
Telah dilakukan kegiatan tahap awal yaitu Workshop penyusunan proposal dan instrumen Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada tanggal 28 September 2019. Pemateri pada kegiatan tersebut adalah tim dosen dari FKIP Universitas Flores, yaitu Adrianus Nasar, S.Si.,M.Pd.Si, Melkyanus Kaleka, S.Pd.,M.Pd, dan Maimunah H. Daud, S.Si.,M.Pd.Si, serta 9 orang Dosen pendamping. Pelaksanaan kegiatan dalam bentuk ceramah, diskusi, penugasan, dan presentasi. Sebagian besar peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, hal ini ditunjukkan dari motivasi Bapak/Ibu guru dalam mempresentasikan tugas yang diberikan dalam bentuk kelompok yang langsung didampingi oleh dosen-dosen dari FKIP Universitas Flores.
 
Dalam diskusi,terdapat permasalahan-permasalahan yang dialami Bapak/Ibu guru di sekolah, yang dapat diangkat sebagai latar belakang masalah untuk menyusun proposal penelitian. Seperti dikemukakan oleh Frederikus Peja Jeloya, S.Pd,selaku Kepala SMPS Katholik Inemete, bahwa guru-guru belum optimal memanfaatkan dan menggunakan media pembelajaran, sehingga semangat dan minat belajar siswa menurun. Hal ini ditemukan beliau saat melakukan supervisi terhadap guru-guru di sekolahnya.
 
PRESENTASI PROPOSAL PENELITIAN
(Sabtu, 19 Oktober 2019)
 
Pada sesi pertama, Theresia F. Padi, S.Pd dan Natalia Nata, S.Pd mempresentasikan proposal penelitian mereka. Kegiatan seminar ini diikuti oleh guru-guru dari 6 SMP, termasuk pimpinan sekolah. Setiap peserta seminar mendapat pendanpingan dari tim dosen. Dosen pendaping yang ikut dalam kegiatan seminar ini sebanyak 12 orang.
 
Hadir dalam kegiatan ini, Adrianus Nasar, S.Si.,M.Pd.Si selaku ketua tim Dosen sekaligus ketua Program Studi Pendidikan Fisika. Ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bapak/ibu Guru yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Perjuangan yang cukup berat dari guru-guru untuk sampai pada tahap ini, menunjukkan adanya kemauan yang besar untuk maju.Keharusan seorang guruuntuk melakukan penelitian, baik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan juga Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, adalah suatu tuntutan sekaligus kebutuhan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan keprofesionalannya.
 
Di akhir kegiatan, Adrianus juga menyampaikan, agar kegiatan ini berlanjut sampai pada pelaksanaan penelitian, dan juga seminar hasil. Untuk itu harapan beliau agar Bapak/Ibu Guru tetap semangat, dan juga bagi Bapak/ibu dosen untuk tetap meluangkan waktu, pikiran dan tenaga untuk terus memberikan pendampingan, sehingga tujuan bersama yang telah dibangun dapat tercapai. Beliau juga berjanji akan turut serta dan mendampingi guru-guru dalam melakukan penelitian di sekolah.
 
KELANJUTAN KEGIATAN SEMINAR HASIL PENELITIAN
 
Ketua MKKS Rayon Nangapanda, Bapak Pius Wiku, S.Pd dalam sambutannya diakhir kegiatan mengatakan rasa bangga dan pujian atas keberhasilan dan kerja keras Bapak/Ibu guru yang telah mencapai tahap seminar proposal. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak/ibu Dosen yang telah mendampingi serta memberikan motivasi bagi guru-guru sehingga mereka mampu menyusun proposal penelitian. Dikatakan pula bahwa sudah beberapa kali sejak 5 tahun terakhir dilakukan pelatihan penyusunan proposal PTK, namun belum membuahkan hasil, dan baru kali ini dapat terwujud beberapa proposal penelitian yang telah diseminarkan.
 
Diakhir kegiatan, seluruh peserta seminar dan juga tim dosen menyepakati akan bertemu kembali pada kegiatan selanjutnya yaitu Seminar Hasil Penelitian, yang direncanakan berlangsung pada tanggal 16 Desember 2019 di SMPN 1 Nangapanda.
 
Credits: Melkyanus Kaleka, S.Pd.,M.Pd.
Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

KERJA SAMA UNIFLOR DAN KANWIL DJP NUSA TENGGARA

Rektor Universitas Flores (Uniflor) Dr. Simon Sira Padji, M.A. mengucapkan teri

KULIAH UMUM ADVOKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI PERGURUAN TINGGI

Kuliah umum dengan tema Advokasi Perlindungan Konsumen di Perguruan Tinggi ini

BAKTI SOSIAL “GO CLEAN, REDUCE, REUSE, RECYCLE, RE-DESIGN, RE-IMAGE”

Menyongsong 40 tahun Universitas Flores (Uniflor) pada 19 Juli 2020 mendatang, m


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia