KEMERIAHAN LAUNCHING PANITIA PANCA WINDU UNIFLOR 2020

Ditulis pada Selasa, 05 Nov 2019 oleh:

Jum’at (1/11/2019), pukul 15.00 Wita s.d. 22.00 Wita, berlangsung kegiatan akbar launching Ema Gadi Djou Memorial Cup 2019 (EGDMC 2019) yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan menyongsong Panca Windu Universitas Flores (Uniflor) 2020. Oleh karena itu, kegiatan tersebut juga merupakan launching Panitia Panca Windu Universitas Flores (Uniflor) 2020. Kegiatan berupa Parade Budaya yang digelar besar-besaran tersebut dibuka oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt. dengan pelepasan balon, ditemani Rektor Uniflor Dr. Simon Sira Padji, M.A. beserta jajaran Wakil Rektor dan petinggi Uniflor, serta Sekda Provinsi Nusa Tenggara Timur Ir. Benediktus Polo Maing. Parade Budaya menempuh rute dari Kilometer 0 hingga Stadion Marilonga.

16 PRODI MENAMPILKAN YANG TERBAIK

Segenap civitas akademika: dosen, pegawai, mahasiswa, dan pihak terkait, terlibat dalam kegiatan tersebut. Sejumlah 16 (enam belas) program studi (prodi) di Uniflor yang diwakili oleh dosen, karyawan dan puluhan mahasiswa/i menampilkan yang terbaik melalui kendaraan yang dihias mewakili ragam etnis dan/atau kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), penari tradisional, hingga yel-yel yang dilombakan. Ada tiga titik penilaian oleh juri tempat peserta parade menampilkan tarian dan yel-yel yaitu di puncak Jalan Sudirman, depan toserba Sinar Mas dan Kilometer 4 di Jalan Gatot Soebroto.

Kendaraan hias tersebut menampilkan antara lain hewan komodo dari Kabupaten Manggarai Barat oleh Prodi Ilmu Hukum, ikan paus dari Kabupaten Pulau Lembata oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Prodi Pendidikan Biologi menampilkan gading yang merupakan ikon dari Kabupaten Flores Timur, kuda Sumba oleh Prodi Sastra Inggris, topi Ti’i Langga dari Pulau Rote oleh Prodi Teknik Sipil, budaya Kabupaten Sikka dengan tulisan pahlawan Teka Iku oleh Prodi Pendidikan Fisika, ragam hasil bumi oleh Prodi Agroteknologi, miniatur Gedung Rektorat Uniflor oleh Prodi Teknik Arsitektur, Kabupaten Ngada oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Kabupaten Alor oleh Prodi Manajemen, Kabupaten Manggarai oleh Prodi Sistem Informasi.

Pada titik penilaian setiap prodi menampilkan yel-yel yang dilombakan, serta beberapa prodi menampilkan tarian baik tarian tradisional maupun tarian perpaduan antara tradisional dan modifikasi. Pada titik puncak Jalan Sudirman, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menampilkan Tarian Caci, sedangkan pada titik Jalan Gatot Soebroto salah satu prodi yaitu Pendidikan Biologi menampilkan tarian perburuan paus yang sebelumnya diawali dengan bahasa adat tentang klasifikasi paus yang boleh dan tidak boleh diburu.

Selain itu, Parade Budaya juga dimeriahkan oleh penampilan marching band dari SMP Negeri 1 Ende.

OPENING CEREMONY

Pukul 18.30 Wita opening ceremony dibuka dengan parade setiap program studi beserta tim yang akan berlaga di turnamen EGDMC 2019 dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan bendera yang dikawal oleh Resimen Mahasiswa (Menwa) Uniflor. Usai atraksi Tarian Caci, sejumlah 1.750 penari yang merupakan mahasiswa/i Uniflor menampilkan tarian kolosal dengan kostum tradisional dan selendang/sarung dari berbagai daerah di Provinsi NTT, serta atraksi oleh Menwa Uniflor. Dipimpin langsung oleh koreografer Kabupaten Ende Rikyn Radja, para penari memukau tamu undangan dan penonton yang memenuhi Stadion Marilonga.

Kegiatan dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Panca Windu Uniflor 2020 Ana Maria Gadi Djou, S.H. M.Hum., penekanan bel oleh Sekda Provinsi NTT, serta dihadiri oleh Bupati Ende Drs. Djafar Achmad, Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso, Ketua Yapertif, Rektor Uniflor, serta jajawan Muspida Kabupaten Ende.

RUMAH KITA UNIVERSITAS FLORES MEMBANGUN KAUM INTELEKTUAL DALAM SEMANGAT PANCASILA MERAJUT PERSAUDARAAN SEBAGAI MEDIATOR BUDAYA

Dalam laporannya, Ketua Panitia Ana Maria Gadi Djou, S.H., M.Hum. mengatakan bahwa latar belakang kegiatan ini adalah Pancasila yang perlu dipahami sebagai kesadaran kolektif bangsa dan ungkapan tentang nasionalisme. Untuk itu diperlukan perubahan mindset serta moral bangsa dalam memahami nilai-nilai budaya yang gayut dengan perkembangan. Hal ini selayaknya dapat dipahami sebagai jati diri bangsa untuk mengisi rumah kita di dalam kerangka Negara Kesatuan yang berdaulat, sejahtera, dan berkeadilan sosial.

Dalam kaitan tersebut, kiranya perlu dilakukan kajian dari beberapa poin yaitu (1) Beragam budaya bangsa Indonesia harus dikenalkan kembali sebagai jati diri bangsa. (2) Pendidikan bangsa perlu diingatkan sebagai hakekat tujuan dari semangat Pancasila yakni mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan daya saing bangsa dan terwujudnya kesejahteraan bangsa tanpa melupakan kebudayaan yang dimiliki. (3) Peran serta Universitas Flores, masyarakat Kabupaten Ende, dan masyarakat pada umumnya serta para alumni sebagai kaum intelektual di dalam ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan melestarikan budaya.

Untuk itulah dalam perayaan menyambut Panca Windu Uniflor diusung tema Rumah Kita Universitas Flores Membangun Kaum Intelektual Dalam Semangat Pancasila Merajut Persaudaraan Sebagai Mediator Budaya.

Tujuan kegiatan ini antara lain (1) Mendapatkan berbagai konsep strategis yang berkaitan dengan pemaknaan kembali semangat Pancasila dan budaya dalam menjawab tantangan globalisasi para kaum intelektual. (2) Mempromosikan Uniflor. (3) Memupuk semangat kebersamaan di kalangan civitas akademika, alumni, masyarakat luas, dalam mempertahankan dan meningkatkan peran Uniflor sebagai mediator budaya. (4) Mendukung dan mengembangkan bakat dan kreativitas para kaum intelektual di wilayah Nusa Tenggara Timur.

RANGKAIAN KEGIATAN

Dalam menyambut Panca Windu Uniflor pada tanggal 19 Juli 2020 nanti telah terlaksana beberapa kegiatan serta agenda kegiatan antara lain (1) Kuliah Umum bersama Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, S.H., M.H., LLM. dengan moderator Agus Adi Tetiro dengan tema Membangun Potensi Diri Sebagai Mediator Budaya Mengawal Ideologi Melawan Radikalisme, Pancasila Dari Ende Untuk Nusantara telah diselenggarakan pada Sabtu (26/10/2019) di Auditorium H. J. Gadi Djou. (2) Misa, Shalat Jum'at, dan ziarah, dalam rangka launching Panca Windu Uniflor, Parade Budaya, opening ceremony, dan kegiatan olah raga EGDMC 2019 yang diselenggarakan pada Jum'at (1/11/2019).

Kerangka besar kegiatan menyambut Panca Windu Uniflor dibagi dalam empat pilar kegiatan yaitu Kerohanian, Pelanaran ilmiah, Olahraga dan Seni, dan Sosial Kemasyarakatan. Empat pilar kegiatan dengan sub-sub kegiatan tersebut telah dimulai sejak Oktober 2019 dan akan berakhir dengan Misa pada tanggal 19 Juli 2020.(2teh).

Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

KERJA SAMA UNIFLOR DAN KANWIL DJP NUSA TENGGARA

Rektor Universitas Flores (Uniflor) Dr. Simon Sira Padji, M.A. mengucapkan teri

KULIAH UMUM ADVOKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI PERGURUAN TINGGI

Kuliah umum dengan tema Advokasi Perlindungan Konsumen di Perguruan Tinggi ini

BAKTI SOSIAL “GO CLEAN, REDUCE, REUSE, RECYCLE, RE-DESIGN, RE-IMAGE”

Menyongsong 40 tahun Universitas Flores (Uniflor) pada 19 Juli 2020 mendatang, m


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia