KULIAH UMUM ADVOKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI PERGURUAN TINGGI

Ditulis pada Selasa, 12 Nov 2019 oleh:

Kuliah umum dengan tema Advokasi Perlindungan Konsumen di Perguruan Tinggi ini merupakan isu yang sangat menarik dan aktual, karena kita semua tidak pernah berhenti menjadi konsumen yaitu pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik kepentingan sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup lain. Hal tersebut disampaikan Dekan Fakultas Hukum Universitas Flores (Uniflor) Christiana Sri Murni, S.H., M.Hum. dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan kuliah umum pada Selasa (12/11/2019) di Aula Lantai III Fakultas Teknologi Informasi Uniflor pada pukul 10.00 Wita, di hadapan 100-an peserta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) Ana Maria Gadi Djou, S.H., M.Hum., Wakil Dekan Fakultas Hukum Ernesta Arita Ari, S.H., M.Hum., Kaprodi Ilmu Hukum Yohanes Pande, S.H., M.H., jajaran dosen Fakultas Hukum, sejumlah dosen tamu undangan, serta pemateri yaitu Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN RI) Dr.(c) B. Sitinjak, S.H., M.H. CLA, IPC dan Ketua Komisi Advokasi BPKN RI Dr. Rizal E. Halim beserta staf BPKN RI.

EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN MELALUI PENDIDIKAN

Dekan Fakultas Hukum dalam sambutannya juga mengatakan bahwa menjadi konsumen yang baik berarti menciptakan kegiatan usaha perdagangan yang fair tidak hanya bagi kalangan pelaku usaha, melainkan secara langsung bagi kepentingan konsumen baik selaku pengguna, pemanfaat, maupun pemakai barang dan/atau jasa yang ditawarkan pelaku usaha. Edukasi perlindungan konsumen melalui pendidikan menjadi suatu hal yang signifikan, tidak hanya untuk memberikan daya tawar yang lebih kuat pada konsumen untuk menegakkan hak-haknya, tetapi perlu mengenal dan memahami hak dan kewajibannya.

Kehadiran negara dalam memberikan perlindungan kepada konsumen sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Untuk memahami hak-hak dan kewajiban konsumen Dekan Fakultas Hukum mengajak semua peserta untuk mengikuti kuliah umum advokasi perlindungan konsumen dengan dengan sebaik-baiknya.

Pada akhir sambutan Dekan Fakultas Hukum mengucapkan terima kasih berlimpah kepada tamu/pemateri dari BPKN RI (Jakarta) dan berharap agar kerja sama ini dapat terus berlanjut di tahun yang akan datang.

TUGAS BPKN RI

Wakil Ketua BPKN RI Dr.(c) B. Sitinjak, S.H., M.H. CLA, IPC dalam sambutannya mengatakan bahwa perlindungan konsumen tugas BPKN RI adalah memberikan nasihat kepada pemerintah tentang perlindungan konsumen. Dalam melaksanakan tugas tersebut BPKN RI melakukan antara lain kajian, melakukan advokasi seperti yang dilakukan pada kuliah umum tersebut, menerima pengaduan, melakukan hubungan antar lembaga, dan juga melakukan edukasi dan publikasi.

Kepada para peserta yang sebagian adalah mahasiswa, Wakil Ketua BPKN RI mengatakan bahwa pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dibalik perlindungan konsumen diatur tiga lembaga yaitu Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang berada di kabupaten/kota namun dengan adanya regulasi baru maka BPSK berada di tingkat provinsi, Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) yang secara sederhana dapat disebut sebagai LSM namun fokus pada ranah perlindungan konsumen, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) yang berkantor di Jakarta serta diangkat dan diberhentikan oleh Presiden.

Pada BPKN ada 4 (empat) komisi dan Komisi III dan/atau Komisi Advokasi BPKN RI diketuai oleh Dr. Rizal E. Halim yang bertugas melakukan advokasi termasuk memberikan advice kepada badan-badang negara yang membutuhkan informasi tentang perlindungan konsumen antara lain bank hingga OJK.

RANGKAIAN KEGIATAN MENYAMBUT PANCA WINDU UNIFLOR

Usai sambutan kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari BPKN kepada Uniflor, serta dari Uniflor kepada BPKN. Kuliah umum mengambil pokok bahasan antara lain (1) Kasus Pelanggaran Perlindungan Konsumen dengan contoh kasus pelanggaran konsumen yaitu perjalanan UMROH, Perumahan, Harga Produk, Investasi Bodong, Diskon, Jajanan dan Mainan Anak, Pelayanan BPJS, hingga Perlindungan Data Pribadi, (2) Sekilas Undang-Undang Perlindungan Konsumen, dan (3) Kendala Perlindungan Konsumen. Setelah sesi tanya-jawab kegiatan ditutup dengan foto bersama.

Kuliah umum ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan menyambut Panca Windu Uniflor pada tanggal 19 Juli 2020 nanti. Kegiatan yang telah terlaksana antara lain (1) Kuliah Umum bersama Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, S.H., M.H., LLM. dengan moderator Agus Adi Tetiro dengan tema Membangun Potensi Diri Sebagai Mediator Budaya Mengawal Ideologi Melawan Radikalisme, Pancasila Dari Ende Untuk Nusantara telah diselenggarakan pada Sabtu (26/10/2019) di Auditorium H. J. Gadi Djou. (2) Misa, Shalat Jum'at, dan ziarah, dalam rangka launching Panca Windu Uniflor, Parade Budaya, opening ceremony, dan kegiatan olah raga EGDMC 2019 yang diselenggarakan pada Jum'at (1/11/2019), (3) Baksos pada Jum'at (8/11/2019), (4) Kuliah Umum dengan tema Advoksi Perlindungan Konsumen di Perguruan Tinggi dengan pemateri yaitu Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN RI) Dr.(c) B. Sitinjak, S.H., M.H. CLA, IPC dan Ketua Komisi Advokasi BPKN RI Dr. Rizal E. Halim.

***

Video-video kegiatan menyambut Panca Windu Uniflor dapat ditonton pada tautan berikut ini:

Kuliah Umum “Membangun Potensi Diri Sebagai Mediator Budaya Mengawal Ideologi Melawan Radikalisme, Pancasila Dari Ende Untuk Nusantara” ~ https://www.youtube.com/watch?v=w-vmZGm246o

Opening Ceremony Ema Gadi Djou Memorial Cup 2019 ~ https://www.youtube.com/watch?v=ETjUh_KWi5o&t=4131s

Bakti Sosial ~ https://www.youtube.com/watch?v=YXwyuOf_oYs
(2teh).

 
Cetak: Kategori: Berita, Seminar dan Workshop
Bagikan:

PERINGATI HARI IKAN NASIONAL KOBER YAPERTIF GELAR KEGIATAN MAKAN IKAN BERSAMA

Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 November ditetapkan oleh P

DUA MAHASISWA UNIFLOR MERAIH JUARA SEBAGAI DUTA JAMBORE PEMUDA INDONESIA NTT 2019 DAN MISS EARTH NTT 2019

Thomas E. D. Marang atau lebih akrab disapa Abang, mahasiswa Prodi Sistem Inform

PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIFLOR GELAR PELATIHAN BLOG DAN VLOG

Pada Senin dan Selasa (18-19/11/2019) Prodi Pendidikan Ekonomi pada Fakultas Keg


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2019

cms by Technophoria Indonesia