KETUA YAPERTIF LANTIK 83 PEJABAT STRUKTURAL SE-LINGKUP UNIFLOR

Ditulis pada Kamis, 02 Apr 2020 oleh:

Sejumlah 83 (delapan puluh tiga) dosen Universitas Flores (Uniflor) dilantik oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt. untuk menempati jabatan struktural antara lain dekan, wakil dekan, kaprodi, sekpro, kepala lembaga dan upt, sekretaris lembaga dan upt, dan jabatan-jabatan struktural lainnya. Ditemani oleh Rektor Uniflor Dr. Simon Sira Padji, M.A., kegiatan pelantikan berlangsung di Auditorium H. J. Gadi Djou, pukul 14.00 Wita, pada Kamis (27/02/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik Uniflor Ferdinandus Lidang Witi, S.E., M.Kom., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor Falentia Lucia Banda, S.E., M.Sc., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Uniflor Stephanus Notan Tupen, S.Pd., M.Si., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Uniflor Dr. Ernesta Leha, S.E., M.Agb., dan Sekretaris Eksekutif Uniflor Yohanes Laka Suku, S.T., M.T. Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Ende Fransiskus Taso, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Ende Herman Yosep Wadhi, pemuka agama, serta tamu undangan.

Kegiatan dibuka dengan tarian penyambutan pejabat struktural oleh UKM Sendratari Uniflor dengan koreografer Rikyn Radja serta diiringi oleh Teater Mata Ende, dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Yapertif, pengucapan sumpah dan pelantikan serta tradisi sumpah adat dengan mecicip moke bagi laki-laki dan menerima sirih bagi perempuan, menyanyikan Mars Uniflor, sambutan-sambutan, dan makan petang bersama.

Adapun pejabat struktural yang dilantik antara lain Dr. Willybrordus Lanamana, MMA. Sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Uniflor, Dr. Sofia Sao, S.Pd., M.Pd. sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uniflor, Paulinus Seda, S.H, M.H. sebagai Dekan Fakultas Hukum Uniflor, Thomas Aquino Sidin, S.T., M.T. sebagai Dekan Fakultas Teknik Uniflor, Iriany Dewi Soleiman, S.E., M.Sc. sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Uniflor, Dr. Drs. Rambut Kanisius, M.Hum. sebagai Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Uniflor, Dr. Sri Wahyuni, S.P., M.Si. sebagai Dekan Fakultas Pertanian Uniflor, Maria Adelvin Londa, S.Kom., M.T. sebagai Dekan Fakultas Teknologi dan Informasi Uniflor, Dr. Dra. Immaculata Fatima, MMA. sebagai Kepala Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Uniflor, dan Dr. Reyna Virginia Nona, S.E., MMA. Sebagai Sekretaris LP2M Uniflor.

TIM YANG HARUS MAMPU BEKERJASAMA

Rektor Uniflor dalam sambutannya mengatakan bahwa sejumlah 83 dosen yang dilantik menduduki pejabat struktural berarti hampir 50% dosen Uniflor menjadi pejabat. Kepada Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Rektor Uniflor berpesan agar harus dipastikan fungsi dari setiap pejabat struktural tersebut dapat berjalan dengan baik. Banyak pejabat yang menduduki bidang-bidang tertentu, oleh karena itu kepada semua kepala kantor harus membuat tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari setiap bidang dan mengkoordinasikannya dengan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan.

Pejabat struktural dilantik oleh Ketua Yapertif dan disaksikan oleh Rektor Uniflor. Dalam hal ini, Rektor mempunyak hal kontrol dan dapat melakukan tindakan preventif apabila diketahui kemudian ada pejabat tertentu yang tidak menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Sebagai satu tim kerja dan satu sistem kerja, harus mampu bekerjasama dengan baik. Ibarat mesin, apabila salah satu elemen tidak mampu bekerja, maka mesin Uniflor tidak dapat berjalan. Lebih lanjut Rektor Uniflor menekankan pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus terus diperhatikan oleh setiap pejabat struktural.

Tentang ritual mencicip moke oleh laki-laki dan menerima sirih oleh perempuan, hal tersebut menurut Rektor Uniflor merupakan sumpah yang secara tidak langsung diucapkan kepada leluhur. Sehingga para pejabat struktural tidak hanya bersumpah kepada Tuhan dan Ketua Yapertif disaksikan oleh Rektor Uniflor, tetapi juga kepada leluhur.

Rektor Uniflor berharap dengan acara besar pelantikan pejabat struktural tidak membuat civitas akademika terlena. 4 tahun ke depan yaitu hingga tahun 2024, setiap orang telah diberikan tugas dan tanggung jawab dalam hal perkembangan Uniflor. Pekerjaan berat ini tidak saja menyangkut Tri Dharma Perguruan Tinggi tetapi juga status institusi dan program studi, terserapnya alumni di masyarakat, hingga input mahasiswa baru yang menjadi indikator daya saing.

Terakhir, Rektor Uniflor mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama yang untuk sementara diistirahatkan atau dialihtugaskan, karena sudah bersama dalam tim selama 4 tahun sebelumnya. Tercatat dalam sejarah pada masa dan/atau periode sebelumnya Uniflor meraih akreditasi B. Diharapkan untuk pejabat struktural periode 2020/2024, dapat bekerja dengan sebaik-baiknya agar akreditasi dapat dipertahankan dan/atau ditingkatkan.

UNIFLOR BEKERJASAMA DENGAN PEMERINTAH

Dalam sambutannya Ketua Yapertif mengemukakan tentang proses pemilihan pejabat struktural yang dilakukan melalui tahap seleksi karena rata-rata semua bergelar Magister dan Doktor. Oleh karena itu pemilihan dilakukan kepada dosen berdasrkan kesiapan yang bersangkutan untuk bekerjasama dan kemampuan bekerja di bawah tekanan. Karena sejatinya dosen adalah orang-orang merdeka yang tidak mempunyai atasan dan bawahan. Namun secara administratif dosen dikawal oleh ketua program studi dengan jenjang ke atas yaitu dekan hingga wakil rektor dan rektor. Meskipun Yapertif berada di belakang layar berjalannya Uniflor namun pihak Yapertif tetap memberikan bantuan-bantuan bersifat informal kepada segenap civitas akademika Uniflor khususnya pejabat struktural yang telah dilantik.

Lebih lanjut, Ketua Yapertif UPT-UPT yang telah dilengkapi kepengurusannya agar mampu bekerja lebih optimal antara lain UPT Pusat Bencana Uniflor yang diharapkan mampu bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk membantu masyarakat. Banyak dana-dana bantuan dan/atau hibah yang dapat dimanfaatkan oleh Uniflor untuk kepentingan Tri Dharman Perguruan tinggi khususnya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kepada pejabat struktural yang telah dilantik, Ketua Yapertif berpesan untuk sama-sama bekerja dan menyingkirkan sentimen serta ego karena tidak ada yang paling tinggi dan tidak ada yang paling rendah. Melakukan hal-hal yang baik, unik, serta bersifat terobosan untuk menunjukkan bahwa Uniflor bisa dan lebih banyak khayalak mengetahui nilai-nilai positif Uniflor, serta membuktikan bahwa civitas akademika Uniflor adalah SDM yang bisa diandalkan.

MOKE DAN SIRIH

Ada yang berbeda dalam kegiatan pelantikan pejabat struktural Uniflor tersebut, yaitu adanya ritual mencicipi moke oleh pejabat laki-laki dan penyerahan sirih kepada pejabat perempuan. Hal ini tidak terlepas dari Visi Uniflor yaitu menjadi mediator budaya. Dalam kaitannya dengan kegiatan tersebut, selain menunjukkan Uniflor sebagai mediator budaya, mencicip moke dan sirih merupakan simbol sumpah kepada leluhur.(2teh).

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

PEDULI MASYARAKAT, PRODI AKUNTANSI MEMBAGI 500 MASKER KAIN

Pada Jum’at (18/4/2020) Prodi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas

MELALUI E-LEARNING DOSEN LEBIH BERTANGGUNGJAWAB, DISIPLIN, DAN KREATIF

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Flores (Uniflor) sejak semester sebelum

PERTAMA KALI DI UNIFLOR UJIAN PROPOSAL SKRIPSI ONLINE OLEH PRODI PENDIDIKAN FISIKA

Pada Jum’at (27/3/2020) dan Rabu (01/3/2020) sejumlah 16 (enam belas) maha


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2020

cms by Technophoria Indonesia