PERTAMA KALI DI UNIFLOR UJIAN PROPOSAL SKRIPSI ONLINE OLEH PRODI PENDIDIKAN FISIKA

Ditulis pada Kamis, 02 Apr 2020 oleh:

Pada Jum’at (27/3/2020) dan Rabu (01/3/2020) sejumlah 16 (enam belas) mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Flores (Uniflor) mengikuti ujian proposal skripsi secara online. Dosen Prodi Pendidikan Fisika sekaligus Kepala Kantor Kemahasiswaan dan Alumni Uniflor Ilyas, S.Pd., M.Pd. mengatakan bahwa sebelum melakukan ujian proposal skripsi secara online Kaprodi Pendidikan Fisika Yasinta Embu Ika, S.Pd., M.Pd., Sekpro Pendidikan Fisika Aloysius Harso, S.Si., M.Pd., beserta segenap dosen lainnya telah berdiskusi terlebih dahulu lantas menyampaikan perihal tersebut kepada Wakil Rektor Bidang Akademik Uniflor Ferdinandus Lidang Witi, S.E., M.Kom. Menanggapi ujian proposal skripsi online tersebut, Ferdinandus sangat antusias mengingat salah satu program kerjanya adalah menyiapkan dosen untuk pembelajaran online kerja sama dengan Fakultas Teknologi Informasi Uniflor. Menurut Ilyas, sosialisasi pembelajaran online ini sejatinya akan dilaksanakan Bulan Maret 2020 namun dibatalkan karena dosen dan mahasiswa dirumahkan sebagai antisipasi dari penyebaran virus Corona.

Sejak dirumahkan Senin (23/3/2020) s.d. Sabtu (04/4/2020) dosen-dosen pada Prodi Pendidikan Fisika telah melakukan pembelajaran online (e-learning). Adapun aplikasi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan e-learning ini adalah Zoom dengan fitur Meetings. Menurut Ilyas e-learning menggunakan Zoom sangat efektif karena bisa dikatakan mirip dengan pembelajaran secara konvensional. Dosen-dosen dapat menampilkan materi baik dalam bentuk power point maupun file-file lainnya sambil mengajar layaknya di dalam kelas konvensional. Acapkali mahasiswa diberikan kesempatan untuk membaca terlebih dahulu materi yang disampaikan dan kemudian dilakukan diskusi bersama. Menurutnya, melalui Meetings pada Zoom ini, mahasiswa yang sering malu dan canggung bertanya di kelas konvesional menjadi lebih antusias, senang bertanya, dapat menyanggah langsung pada diskusi-diskusi di kelas online tersebut.

Terkait ujian proposal skripsi online, Ilyas mengatakan bahwa situasinya hampir sama dengan ujian proposal skripsi konvensional. Fitur Meetings pada aplikasi Zoom memberi ruang pada dosen pembimbing, dosen penguji, peserta ujian, moderator, serta dapat ditonton oleh beberapa mahasiswa semester 4 dan semester 6 yang diundang. Sehingga Ilyas mengatakan bahwa e-learning dan ujian proposal skripsi online sangat efektif. Menjadi yang pertama kali di Uniflor melakukan ujian proposal skripsi online merupakan kebanggaan dan prestasi tersendiri bagi Prodi Pendidikan Fisika.

Kendala yang dihadapi selama e-learning ini menurut Ilyas antara lain masalah jaringan internet karena masih ada daerah di Kota Ende yang mengalami kendala sinyal internet, paket internet dan/atau paket data oleh mahasiswa itu sendiri, serta masih ada beberapa mahasiswa yang belum memiliki laptop dan telepon genggam dengan sistem operasi Android maupun iOS.

Ilyas berharap virus Corona yang telah menjadi pandemi ini dapat segera teratasi sehingga dosen dan mahasiswa dapat kembali beraktivitas di kampus. Selain itu ia berpesan kepada semua mahasiswa untuk mentaati perintah dan aturan dari pemerintah dan kampus agar penyebaran virus Corona lekas terputus. Stay at home, menjaga jarak, memakai masker apabila keluar rumah, selalu ingat mencuci tangan selama 20 detik sesuai anjuran WHO, serta tidak berkeliaran di luar rumah kecuali untuk keperluan utama seperti berbelanja bahan makanan pokok.(2teh).

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

PEDULI MASYARAKAT, PRODI AKUNTANSI MEMBAGI 500 MASKER KAIN

Pada Jum’at (18/4/2020) Prodi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas

MELALUI E-LEARNING DOSEN LEBIH BERTANGGUNGJAWAB, DISIPLIN, DAN KREATIF

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Flores (Uniflor) sejak semester sebelum

PERTAMA KALI DI UNIFLOR UJIAN PROPOSAL SKRIPSI ONLINE OLEH PRODI PENDIDIKAN FISIKA

Pada Jum’at (27/3/2020) dan Rabu (01/3/2020) sejumlah 16 (enam belas) maha


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2020

cms by Technophoria Indonesia