MELALUI E-LEARNING DOSEN LEBIH BERTANGGUNGJAWAB, DISIPLIN, DAN KREATIF

Ditulis pada Kamis, 02 Apr 2020 oleh:

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Flores (Uniflor) sejak semester sebelumnya telah menyiapkan Learning Management System (LMS) dan berkaitan dengan pandemi virus Corona maka LMS tersebut langsung digunakan untuk pembelajaran pada saat dosen dan mahasiswa dirumahkan. Hal tersebut diungkapkan oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi Maria Adelvin Londa, S.Kom, M.T. Sistem dan/atau aplikasi yang digunakan adalah MOODLE dan sampai saat ini berjalan dengan lancar. Semua dosen pada Fakultas Teknologi Informasi telah menggunakan MOODLE di mana materi dalam bentuk power point, file materi lainnya, serta kuis bisa diberikan pada mahasiswa melalui aplikasi tersebut. Selain menggunakan MOODLE, Beberapa dosen Fakultas Teknologi Informasi juga menggunakan Youtube. Sementara itu untuk mata kuliah praktikum mahasiswa diberikan modul untuk dipraktekkan di rumah di mana setiap modul dilengkapi dengan tugas dan latihan yang setelah dikerjakan dapat dikirimkan oleh mahasiswa kepada dosen melalui e-mail.

Melihat efektif atau tidaknya e-learning, Adelvin mengatakan bahwa e-learning cukup efektif tetapi lebih efektif kuliah konvensional dan/atau tatap muka, namun karena teknologi sudah semakin maju ditambah dengan penyebaran virus Corona maka e-learning menjadi jawaban yang paling baik untuk saat ini. E-learning menuntut mahasiswa untuk selalu menyiapkan pulsa internet dan/atau pulsa data. Menyoal pulsa internet tersebut menurut Adelvin tidak menjadi masalah bagi mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi karena teknologi informasi dimaknai berdasar teknologi elektronika digital sehingga mahasiswa memang selalu siap untuk berada dalam jaringan dan/atau online. Semua mahasiswa selalu aktif dalam perkuliahan online dan mematuhi batas waktu yang ditetapkan sehingga sama persis dengan perkuliahan konvensional.

Selama menjalani e-learning tidak ada kendala yang dihadapi baik oleh dosen Fakultas Teknologi Informasi maupun mahasiswanya karena sebelum dosen dan mahasiswa Uniflor dirumahkan, fakultas tersebut kerap menggunakan MOODLE untuk e-larning. E-learning menjadikan RPS yang disusun oleh dosen lebih rapi dan sedetail mungkin, serta meningkatkan disiplin dosen. Hal serupa juga diungkapkan oleh dosen Prodi Pendidikan Matematika Konstantinus Denny Pareira Meke, S.Pd., M.Pd. yang mengakui bahwa dari sisi dosen e-learning menjadikan dosen lebih bertanggungjawab, disiplin, dan kreatif.

Menurut Denny, dikatakan bertanggungjawab karena sesibuk apa pun dosen harus tetap mengajar, harus disiplin waktu, menyusun RPS, modul, bahan persentasi, menyiapkan buku dan materi, serta harus menyiapkan kuis dan tugas. Sehingga semuanya lebih bisa disiapkan dengan baik. Selain itu, dosen juga dituntut untuk lebih kreatif antara lain membuat video tutorial dan di situlah kreativitas dosen diuji. Sedangkan dari sisi mahasiswa, mahasiswa benar-benar dilatih untuk mempersiapkan diri dan membiasakan diri untuk memanajemen waktu karena satu topik hanya bisa diakses dalam kurun waktu satu minggu sehingga sebelum minggu berjalan tersebut berakhir, pembahasan hingga tugas dari topik tersebut harus selesai.

Metode e-learning yang digunakan merupakan metode yang hendak disosialisasikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Uniflor Ferdinandus Lidang Witi, S.E., M.Kom. kerja sama dengan Fakultas Teknologi Informasi kepada semua dosen yang belum terlaksana akibat penyebaran virus Corona. Metode tersebut dapat digunakan melalui tautan http://e-learning.uniflor.ac.id. Menurut Denny e-learning sangat efektif karena semua materi bisa diunggah untuk mahasiswa, dosen dapat mengatur waktu akses mahasiswa terhadap materi tersebut, mahasiswa dapat mengumpulkan tugas pada tanggal yang ditetapkan tersebut. Pada metode e-learning tersebut juga tersedia absensi yang diperoleh pada saat mahasiswa login serta pada saat mahasiswa mulai dan/atau telah melewati tahap-tahap yang ditentukan oleh dosen. Untuk sementara Denny belum memanfaatkan forum diskusi pada metode tersebut sehingga diskusi-diskusi dan/atau tanya jawab dapat dilakukan melalui WhatsApp.

Menurut Denny e-learning merupakan salah satu solusi untuk kuliah jarak jauh baik antara dosen dan mahasiswa pada universitas yang sama, maupun dosen tamu. Selain itu keuntungan e-learning adalah saat dosen disibukkan dengan berbagai penelitian dan jarang melangsungkan tatap muka, maka e-learning dapat dimanfaatkan agar tidak terputus komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Sehingga e-learning sangat membantu di mana dosen tetap menjalankan pengajaran meskipun dosen yang bersangkutan sedang melakukan penelitian di luar kampus.(2teh).

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

PEDULI MASYARAKAT, PRODI AKUNTANSI MEMBAGI 500 MASKER KAIN

Pada Jum’at (18/4/2020) Prodi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas

MELALUI E-LEARNING DOSEN LEBIH BERTANGGUNGJAWAB, DISIPLIN, DAN KREATIF

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Flores (Uniflor) sejak semester sebelum

PERTAMA KALI DI UNIFLOR UJIAN PROPOSAL SKRIPSI ONLINE OLEH PRODI PENDIDIKAN FISIKA

Pada Jum’at (27/3/2020) dan Rabu (01/3/2020) sejumlah 16 (enam belas) maha


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2020

cms by Technophoria Indonesia