PELUNCURAN QURENA HASIL PROGRAM PENGEMBANGAN DESA MITRA

Ditulis pada Jumat, 03 Sep 2021 oleh:

Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) merupakan wujud salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di mana PKM harus berbasis penelitian. PPDM di Desa Randotonda, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, telah memasuki tahun kedua. PPDM yang dimula pada Februari 2020 merupakan hasil kerja sama antara Universitas Flores (Uniflor) dengan Kemenristek-BRIN Republik Indonesia yang kini dikenal dengan nama Kemendikbudristek Republik Indonesia. Selama 2 (dua) tahun pelaksanaan PPDM telah melewati tahap-tahap antara lain pengenalan lahan, pengolahan lahan, penanaman komoditas yaitu ubi Nuabosi dan tanaman sela seperti kacang tanah, serta pelatihan pengolahan ubi menjadi produk-produk turunan seperti kripik, cake, hingga kremes. Produk-produk yang diberi merek Qurena tersebut telah diluncurkan pada Jum’at (3/9/2021), pukul 11.30 WITA, di Kantin Gedung Rektorat Uniflor.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) sekaligus anggota tim PPDM Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor Falentina Lucia Banda, S.E., M.Sc., Sekretaris Yapertif Ana Maria Gadi Djou, S.H., M.Hum., Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarat (LP2M) Uniflor sekaligus Ketua PPDM Dr. Willybrordus Lanamana, MMA., anggota tim PPDM Yohanes Pande, S.H., M.H. dan Kristono Yohanes Fowo, S.P., M.P., Kepala Desa Randotonda Eduardus Misa, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Randotonda Regina Kristina Duna beserta anggota, dan mentor pengolahan ubi Nuabosi menjadi produk-produk turunan Hj. Siti Salamah Yunus.

 

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Randotonda dalam sambutannya mengatakan bahwa Qurena mempunyai varian produk antara lain kripik ubi original, kripik ubi balado merah dan balado hijau, wingko, hingga kremes. Semua bahan baku merupakan bahan segar yang dikelola pada hari yang sama dengan panen ubi.

 

Sementara itu Sekretaris Yapertif menyampaikan profisiat karena Qurena diproduksi oleh anggota Tim Penggerak PKK Desa Randotonda yang juga merupakan petani penghasil ubi Nuabosi itu sendiri. Hal ini dapat terlaksana karena adanya dua pihak yang sama-sama ingin bekerja sama dengan dibantu oleh mentor pengolahan ubi Nuabosi tersebut. Diharapkan Qurena dapat menjadi oleh-oleh khas Ende dan bisa dikenal hingga ke luar Kabupaten Ende, dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Ende.

 

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor dalam sambutannya mengatakan bahwa Qurena merupakan pencapaian yang luar biasa dari Desa Randotonda. Menurutnya Qurena berkualitas karena diproduksi dari bahan baku utama yang baru dipanen. Diharapkan kualitas tersebut dapat dipertahankan agar mampu bersaing dengan produk kripik lain yang sudah ada di pasaran. Dan satu hal yang perlu diperhatikan, kualitas rasa dan kemasan pun masih dapat terus ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

 

Anggota tim PPDM Yohanes Pande mengemukakan merek yang dipakai untuk produk-produk olahan ubi Nuabosi ini. Secara harafiah, Qurena diambil dari bahasa daerah yaitu kure yang bermakna bagus dan/atau enak. Selain itu Qurena juga merupakan singkatan dari Qripik Ubi Randotonda Ende Nuabosi Asli.

 

Dalam sambutannya Ketua Yapertif mengatakan bahwa peluncuran Qurena berkaitan dengan adanya laporan kepada pemerintah karena pelaksanaan PPDM menggunakan dana milik Negara. Laporan yang disampaikan berstatus 70% karena masih akan ada produk lain yang akan dihasilkan oleh Tim Penggerak PKK Desa Randotonda. Peluncuran Qurena sengaja dilakukan di Uniflor karena rumah pertama yang harus disinggahi produk ini haruslah rumah besar Uniflor. Diharapkan para pembeli yang rata-rata civitas akademika Uniflor dapat memberikan kritik dan saran yang membangun demi peningkatan Qurena baik dari segi kualitas maupun kemasan.(2teh).

 

 

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

PEMBUKAAN PPL FKIP 2021

Selasa (4/9/2021), bertempat di Aula FKIP Kampus II Universitas Flores (Uniflor)

PKS ANTARA PUSPAR UNIFLOR DENGAN PEMDES WOLOGAI TENGAH DAN PEMDES PEMO

Pada Senin (13/9/2021), pukul 11.00 WITA s.d. selesai, berlangsung penandatangan

PERAYAAN EKARISTI PEMBUKAAN TAHUN AKADEMIK 2021/2022 UNIFLOR

Mengangkat tema Setiap Pohon Dikenal Dari Buahnya, Yesus Sahabat Perjalanan Kita


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2021

cms by Technophoria Indonesia
    Subscribe to site updates!