DOSEN UNIFLOR RAIH HIBAH PROGRAM RISET KEILMUAN TAHUN 2021

Ditulis pada Selasa, 02 Nov 2021 oleh:

Ilyas, S.Pd., M.Pd., dosen pada Prodi Pendidikan Fisika pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Flores (Uniflor) meraih Hibah Program Riset Keilmuan Tahun 2021. Program Riset Keilmuan diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

 

Menurut Kabid Peningkatan Mutu Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Uniflor Lely Suryani, B.A., M.A., ada 4 (empat) jenis riset yaitu Hibah Riset Mandiri Dosen, Hibah Riset Kewirausahaan, Hibah Riset Desa, dan Hibah Riset Kegiatan Kemanusiaan. Ilyas satu-satunya dosen dari Uniflor yang lolos pada Hibah Riset Mandiri Dosen dengan judul Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Cloud Zoom Meeting Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.

 

Bersama 605 (enam ratus lima) penerima hibah dari seluruh Indonesia, Ilyas akan melaksanakan riset selama 12 (dua belas) bulan terhitung sejak penandatanganan kontrak di mana pencairan dana hibah dilaksanakan melalui kontrak (perjanjian kerjasama) antara Manajemen Pelaksana Program Riset Keilmuan, Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dengan Perguruan Tinggi penerima hibah Program Riset Keilmuan tahun 2021. Adapun dana yang diterima sebesar Rp 67.500.000 (Enap Puluh Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).

 

Dalam wawancara Ilyas mengatakan bahwa judul yang dipilihnya dalam riset ini dilatarbelakangi pada masa pandemi Covid-19 ini masih banyak sekolah memilih belajar online, meskipun juga sudah ada yang tatap muka terbatas. Laboratorium virtual terintegrasi cloud Zoom Meeting sangat cocok digunakan untuk sekolah yang belajar via online. Terutama juga sekolah yang belum memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap. Laboratorium virtual ini seolah siswa melakukan praktikum sebenarnya di laboratorium tapi melalui Zoom.

 

Ia mengaku termotivasi dari tugas utama dosen yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dorongan kewajiban baginya untuk melaksanakan salah satunya yaitu penelitian. Ia berharap agar penelitian ini berjalan lancar sehingga bisa menghasilkan buku dan tulisan yang dipublikasikan melalui artikel ilmiah.(2teh).

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

YUDISIUM 9 SARJANA SASTRA

Pada Selasa (16/11/2021) berlangsung kegiatan Yudisium Sarjana pada Fakultas Bah

DOSEN UNIFLOR RAIH HIBAH PROGRAM RISET KEILMUAN TAHUN 2021

Ilyas, S.Pd., M.Pd., dosen pada Prodi Pendidikan Fisika pada Fakultas Keguruan d

MAHASISWA UNIFLOR IKUTI LKMM-TM Tahun 2021 Wilayah LLDIKTI VIII

Vinsensius Jeradu dan Maria Serfiana M. Boruk setelah proses seleksi secara dari


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2022

cms by Technophoria Indonesia
    Subscribe to site updates!