RELAWAN BUDAYA UNIFLOR ANGKATAN 2 PKM DI DESA PEMO

Ditulis pada Minggu, 16 Okt 2022 oleh:

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Flores (Uniflor) Stefanus Notan Tupen, S.Pd., M.Si. melepas sejumlah 54 mahasiswa Uniflor perwakilan dari 16 program studi (prodi) menuju Desa Pemo, Sabtu (15/10/2022), pukul 09.00 WITA, di Kampus I Uniflor. 54 mahasiswa tersebut merupakan Relawan Budaya Uniflor Angkatan 2 yang akan melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Pemo terkait Festival Adat Desa Pemo (Joka Ju). Sebelumnya, Relawan Budaya Uniflor Angkatan 1 telah mengikuti kegiatan serupa di pada tahun 2021. 

Didampingi oleh Tim Relawan Dosen Daniel Wolo, S.Si., M.Sc., Damianus Rikardo Sumbi Wasa, S.Pd., M.Pd., dan Melky Radja, S.Kom., M.Kom., rombongan tiba di Kantor Desa Pemo pukul pukul 12.30 WITA dan diterima oleh Kepala Desa Pemo. Tim Relawan Dosen yang terlibat berasal dari lintas prodi dan juga merupakan inisiator relawan budaya uniflor. Bersama-sama mereka akan membantu kelancaran kgtn festival Adat Tim relawan akan menggali informasi terkait potensi desa,  kekayaan budaya, dan digitalisasi informasi desa (pembuatan website).

Joka Ju merupakan ritual yang bernilai sakral dan bertujuan sangat mulia. Karena di dalam ritual adat tersebut mengajarkan masyarakat setempat untuk bisa saling menghargai antara manusia, tumbuhan, hewan, dan tanah untuk tidak saling dan/atau terus melukai. Berangakt dari pemikiran tersebut Uniflor berupaya mendata dan mendokumentasikan salah satu kekayaan budaya Lio yang nantinya bisa dikembangkan menjadi riset ilmiah sains-budaya.

Akomodasi kegiatan yang akan berlangsung pada 15 s.d. 26 Oktober 2022 tersebut akan ditanggung oleh panitia dan sebagai kontra prestasi, Pemerintah Desa Pemo akan memberikan sertifikat resmi di akhir acara kepada Relawan Budaya Uniflor Angkatan 2 dan Tim Relawan Dosen. Sementara itu, manfaat yang didapatkan oleh prodi adalah 1 PKS, 1 Laporan PKM, dan 1 Jurnal Pengabdian.

Setiap mahasiswa perwakilan prodi akan berkegiatan sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing antara lain mahasiswa Prodi Sistem Informasi akan melakukan pembuatan akun Instagram, Youtube, dan web atau blog Desa Pemo; mahasiswa Prodi Agroteknologi akan melaksanakan konsep zero waste (pembuatan pupuk dari limbah sisa makanan); Prodi Pendidikan Ekonomi yang akan menganalisis potensi ekonomi Desa Pemo dan design project.(2teh).

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

PERPUSTAKAAN UNIFLOR JALIN KERJA SAMA DENGAN KELURAHAN REWARANGGA

Pada Jum'at (21/20/2022), pukul 10.00 WITA, bertempat di pondok areal persaw

FAKULTAS EKONOMI GELAR YUDISIUM DI PANTAI KOTA RAJA

Lokasi Wisata Pantai Kota Raja di Kota Ende dipilih oleh Fakultas Ekonomi Univer

RELAWAN BUDAYA UNIFLOR ANGKATAN 2 PKM DI DESA PEMO

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Flores (Uniflor) Stefanus Notan Tu


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2022

cms by Technophoria Indonesia
    Subscribe to site updates!