PAGELARAN PERADILAN SEMU MEMBANTU MAHASISWA MEMAHAMI TEORI BERACARA DI PENGADILAN

Ditulis pada Jumat, 20 Jan 2023 oleh:

Simulasi Peradilan Semu merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemapuan di bidang hukum dalam hal menerapkan hukum acara atau hukum formil di muka persidangan. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Pagelaran Peradilan Semu Tahun Akademik 2022/2023 Fakultas Hukum, Universitas Flores (Uniflor), Sakura Alfonsus, S.H., M.H. pada Jum'at (20/01/2023). Pagelaran Peradilan Semu adalah perwujudan dari proses peradilan yang sebenarnya, di mana mahasiswa terlibat untuk memerankan peranan hakim, jaksa, pengacara, serta para pihak yang bersengketa di persidangan.

Sakura berharap simulasi Peradilan Semu yang dimulai pukul 09.30 WITA bertempat di Ruangan Peradilan Semu ini dapat terus dikembangkan. Dengan demikian metode pembelajaran yang diterima mahasiswa tidak hanya sekadar memahami teori tetapi juga memahami cara praktiknya baik melalui simulasi maupun memberikan bantuan hukum kepada masyarakat. Oleh karena itu, hal ini akan berdampak pada keberhasilan Fakultas Hukum dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang Ilmu Hukum.

Pagelaran Peradilan Semu tersebut diikuti sebanyak 43 mahasiswa yang terdiri dari kelompok Pidana sebanyak 21 mahasiswa, dan kelompok Perdata sebanyak 22 orang. Adapun sidang Perdata akan dilaksanakan pada Sabtu (21/01/2023). Kegiatan juga dihadiri oleh dosen selingkup Fakultas Hukum Uniflor.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Uniflor Yohanes Pande, S.H., M.H. berharap mahasiswa sungguh memahami praktik beracara pada peradilan sesuai dengan norma, asas, maupun prosedur yang berlaku. Sehingga nantinya mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan pengetahuan hukum acara tersebut dalam praktik nyata sebagai penegak hukum maupun penegak keadilan atau profesional lainnya yang bermanfaat untuk diri sendiri dan juga masyarakat pencari keadilan.

Di zaman yang sangat kompetitif ini, setiap mahasiswa perguruan tinggi dituntut untuk memiliki kompetensi dan kualifikasi yang mumpuni dan diyakini mampu berdaya saing. Oleh karena itu, dihimbau kepada segenap mahasiswa yang mengikuti Pagelaran Peradilan Semu secara sungguh-sungguh untuk mengikutinya, guna meningkatkan kualitas diri secara maksimal dan tidak sekadar seremoni yang bermakna semu semata. Tandas Yohanes di akhir sambutan.(2teh).

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Kegiatan Mahasiswa, Berita Kampus
Bagikan:

SONGSONG PESTA PERAK FAKULTAS EKONOMI, PANITIA GELAR LCCA DAN KOMPETISI DEBAT ILMIAH

Dalam mewujudkan mimpi dan komitmen serta integritas yang sustainable, serta ter

FAKULTAS EKONOMI GELAR SEMINAR NASIONAL BERTEMA BUILDING A CREATIVE AND INNOVATIVE YOUNG ENTREPRENEUR MINDSET

Kegiatan Seminar Nasional Entrepreneur ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa teru

PAGELARAN PERADILAN SEMU MEMBANTU MAHASISWA MEMAHAMI TEORI BERACARA DI PENGADILAN

Simulasi Peradilan Semu merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemap


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2023

cms by Technophoria Indonesia
    Subscribe to site updates!