Fakultas Ekonomi Gelar Kuliah Tamu Marketing di Era Digital

Ditulis pada Selasa, 03 Jul 2018 oleh: admin

Fakultas Ekonomi Gelar Kuliah Tamu Marketing di Era Digital


Fakultas Ekonomi Universitas Flores (Uniflor) bekerjasama dengan Telkomsel menggelar kegiatan Kuliah Tamu bertema Marketing di Era Digital. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (21/4/2018) tersebut menghadirkan Manager Digital Regional Expansion Bali Nusra yaitu Indra Dwi Hariadi sebagai pemateri. Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 Wita tersebut dihadiri oleh sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi. Turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik dan Administrator Umum Baltasar Taruma Djata, S.E., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Gabriel Tanusi, S.E., M.Si., Sabra B. Wahab Thalib, S.E., M.Acc., dan Iriany Dewi Soleiman, S.E., M.Sc.

Salah satu poin penting yang disampaikan oleh Indra dalam paparan materinya adalah tentang Marketing Road Map yang dibagi ke dalam 4 (empat) tahap. Pertama: Marketing 1.0 yang disebut Industrial Age (revolusi industri) yang mengedepankan kualitas produk. Kedua: Marketing 2.0 yang disebut Informational Age dimana produsen mulai melakukan riset tentang pelanggan. Ketiga: Marketing 3.0 yang disebut Connected Age yang lebih mengutamakan keterlibatan pelanggan untuk membuat produk. Sedangkan yang terakhir  adalah Marketing 4.0 atau Digital Age. Materi yang diselingi dengan beberapa video pendek tersebut semaksimal mungkin dapat memberikan pencerahan kepada peserta tentang penggunaan internet dalam aktivitas harian (e-banking, belanja online, dan lain sebagainya) maupun untuk berbisnis. Oleh karena itu pada salah satu slideyang ditampilkan, peserta diberikan pertanyaan “Bagaimana dengan Ada, siap berubah, atau siap punah?”.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan tentang digital marketing yang dilakukan oleh Telkomsel melalui 6 Digital Experience (6 DX) yaitu E-money, Video, Advertising & M2M, Music, VAS Content, dan Games & Market Palace. Salah satu contoh yang diberikan tentang e-money ini dihadirkan dalam bentuk video yang menampilkan transaksi jual beli di pasar menggunakan e-money di China. Penduduk di China sudah terbiasa bertransaksi tanpa uang tunai, bahkan sekarang setiap penduduknya telah memiliki akun non-tunai dalam bertransaksi seperti WeChat dan Alipay. Penggunaan akun-akun tersebut terhubung langsung dengan handphone setiap warga, dan dapat melakukan transaksi hanya dengan melakukan scan pada harga-harga yang telah di-barcode.

Digital marketing tidak saja memberikan kemudahan kepada produsen dan agen, tetapi juga kepada konsumen. Belum semua masyarakat Indonesia mengetahui perkembangan jaman yang kian hari kian canggih ini. Bagaimana dengan Ada, siap berubah, atau siap punah?(2teh).

Bagikan:

Fakultas Ekonomi Gelar Workshop Kurikulum Berbasis KKNI

Fakultas Ekonomi menggelar kegiatan Workshop Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifi

Fakultas Ekonomi Gelar Kuliah Tamu Marketing di Era Digital

Fakultas Ekonomi Gelar Kuliah Tamu Marketing di Era Digital Fakultas Ekonomi U


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2018

cms by Technophoria Indonesia