Pusat Studi Pariwisata Uniflor Mengagas Kampung Ata Ende

Ditulis pada Selasa, 03 Jul 2018 oleh: admin

Pusat Studi Pariwisata Universitas Flores (Uniflor) menggagas Kampung Ata Ende. Kampung Ata Ende tersebut berbentuk kampung ramah anak yang bertujuan untuk menciptakan kondisi daerah tinggal bagi anak yang nyaman dan aman bagi proses tumbuh kembang anak dalam dukungan masyarakat yang menjamin pemenuhan hak anak dan mengupayakan perlindungan anak secara optimal, sekaligus mendukung Program Nasional “Generasi Emas 2045”.

Dalam wawancara Tim Suara Uniflor dengan Kepala Pusat Studi Pariwisata Uniflor, Dr. Josef Alfonsius Gadi Djou, latar belakang digagasnya Kampung Ata Ende tidak terlepas dari pembangunan kota Ende menjadi kota yang maju namun tetap manusiawi. Kota Ende harus menjadi sebuah kota yang nyaman bagi warga yang tinggal di dalamnya dan tidak kehilangan jati diri. Modal manusia yang berkualitas akan sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas pembangunan dan menjaga kelangsungan pembangunan itu sendiri. Perbaikan kualitas manusia harus dipersiapkan atau dilaksanakan sejak usia dini sampai remaja. Pembentukan Kampung Ramah Anak ini memiliki kekhasan tersendiri karena akan berbasis pada budaya tradisional. Dengan demikian, warisan budaya dan kearifan lokal dapat terjaga dan diapresiasi, serta dikembangkan serta menciptakan nilai tambah.

Kampung Ata Ende akan dimulai dari salah satu kelurahan/desa pilihan (penentuan kampung), yang kelak akan menjadi role model untuk program yang direncanakan berkelanjutan ini, lalu dilakukan koordinasi dengan instansi dan pimpinan setempat (Lurah/Camat/stakeholder). Setelah itu,akan dilakukan pengumpulan data pendukung, identifikasi masalah, dan pemecahan masalah. Program Kampung Ata Ende mencakup kampung belajar, kampung sehat, kampung asuh, kampung kreatif dan inovatif, serta kampung aman.

“Kami sudah selesai menyusun proposalnya dan sedang dikaji oleh penyandang dana yang siap bekerjasama. Harapan kami Kampung Ata Ende ini dapat menjadi kampung yang betul-betul mendukung hak anak yang dipersiapkan menjadi penerus bangsa,” ujar Josef di akhir wawancara.(Suara Uniflor).

Cetak: Kategori: Opini, Opini
Bagikan:

Ekoleksikon Bergerak Ke Kajian Linguistik Instrumental

Dr. Veronika Genua, S.Pd.,M.Hum.   “Bagi saya, studi ke jenjang dok

Membangun Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa

Oleh Gabriel Tanusi, S.E., M.Si. Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonom

Pusat Studi Pariwisata Uniflor Mengagas Kampung Ata Ende

Pusat Studi Pariwisata Universitas Flores (Uniflor) menggagas Kampung Ata&n


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2018

cms by Technophoria Indonesia