http://fisika.fkip.uniflor.ac.id
Visi :
Menjadi program studi yang memiliki lulusan bermutu, unggul, berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi, mandiri, kompetensi dan berbudaya pada tahun 2030.
Misi :
Kompetensi Program Studi
Mata kuliah pengembangan kepribadian:
1. kompetensi utama
2. kompetensi pendukung
- berperilaku sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional indonesia
- menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
- berpatisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
- menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
3. kompetensi lain-lain
- mewujudkan nilai-nilai keagamaan dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial.
- menganalisis peran dan hak warga negara dan sistem pemerintahan nkri
- aktif mengikuti acara keagamaan sesuai dengan agama yang dianut mahasiswa.
- berpatisipasi dalam kegiatan di lingkungan tempat tinggal.
mata kuliah keilmuan dan keterampilan (mkk)
1. kompetensi utama2. kompetensi pendukung
- menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan fisika
- menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan fisika klasik dan fisika modern
- mampu bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum fisika sederhana
- melakukan dan menganalisis percobaan dalam cakupan bidang fisika
- mampu mengikuti perkembangan fisika dan penerapannya
3. kompetensi lain-lain
- menguasai konsep-konsep dasar ilmu fisika seperti mekanika, listrik dan magnet, gelombang dan optik, zat padat, fisika modern, teori atom, fisika inti dan astrofisika
- memahami proses berpikir ipa dalam mempelajari proses dan gejala alam
- menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala alam
- memahami hubungan antar berbagai cabang ipa dan hubungan ipa dengan matematika dan teknologi
- menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala alam
- menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran ipa di kelas laboratorium
- merancang eksperimen ipa untuk keperluan pembelajaran atau penelitian
- memahami sejarah perkembangan ipa
- memiliki kemampuan mengopservasi, merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
mata kuliah keahlian berkarya (mkb)
1. kompetensi utama2. kompetensi pendukung
- menguasai karakteristik peserta didik
- menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
- mampu mengembangkan kurikulum sma
- memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
- menggunakan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran sebagai dasar dalam melakasanakan pembelajaran fisika
3. kompetensi lain-lain
- memahami ciri-ciri peserta didik yang berkaitan dengan intelektual, fisik, moral dan sosial budaya
- memahami teori belajar seperti behavioristik, konstruktivisme, humanistik, kognitivistik dan sibernetik
- memahami kurikulum dan prinsip pengembangan kurikulum
- menguasai teknik-teknik penilaian proses dan hasil belajar fisika
- mampu menggunakan teori dan prinsip pembelajaran sesuai karakteristik materi fisika
- menunjukan perilaku senang terhadap peserta didik
- menunjukan contoh-contoh konkret dari suatu teori belajar
- membuat contoh modelm penilaian proses dan hasil belajar
- mampu memberikan alasan menggunakan metode, model dan strategi pada suatu materi pembelajaran fisika
mata kuliah perilaku berkarya (mpb)
1. kompetensi utama2. kompetensi pendukung
- memiliki kemandirian mengembangkan materi pembelajaran fisika sma secara kreatif
- memiliki kebiasaan perilaku reflektif untuk mengembangkan sikap profesional sebagai calon guru fisika
- memiliki kesadaran untuk mengembangkan diri dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran fisika
3. kompetensi lain-lain
- menunjukan kemandirian dalam belajar fisika
- menunjukan kebiasaan untuk melakukan refleksi terhadap proses belajarnya
- menunjukkan kebiasaan untuk mengikuti perkembangan teknologi untuk kepentingan pembelajaran fisika
- menyusun materi pembelajaran fisika secara mandiri
- menunjukan perilaku berpikir relatif dalam melakukan sesuatu
- menunjukkan usaha untuk memahami dan menggunakan alat-alat teknologi baru dalam pembelajaran
mata kuliah kehidupan bermasyarakat (mbb)
1. kompetensi utama
2. kompetensi pendukung
3. kompetensi lain-lain
Tenaga Pengajar