UKM MAPALA

FLOPALA (Flores Pecinta Alam), MAPALA Universitas Flores, merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang kepecintaalaman dan pelestarian lingkungan hidup. FLOPALA lahir pada hari Senin, 8 Desember 2014 atas prakarsa Rizkiah Fauziah Arubone (Mahasiswi PGSD Uniflor), Tuteh Pharmantara (Mahasiswi Fakultas Hukum Uniflor), Silvester Indon Bata (Mahasiswa PGSD Uniflor), Abdul Latif A. Hamid (Anggota Luar Biasa Mapala STIMIK Handayani Makassar) dan Vicky Bin Mohamed (Mantan Ketua KPALA Ende).

Berdirinya Flopala tidak terlepas dari tiga pilar yang menjadi tujuan utama didirikannya Mapala se-Indonesia oleh Soe Hok Gie. Pertama, memupuk patriotisme yang sehat di kalangan anggotanya melalui hidup di alam dan di antara rakyat kebanyakan. Patriotisme yang sehat tidak mungkin tumbuh dari slogan, indoktrinasi, ataupun poster. Patriotisme dibangun berdasarkan partisipasi aktif mereka yang hidup di tengah alam dan rakyat. Kedua, mendidik para anggota, baik mental maupun fisik. Kader mapala adalah mereka yang memiliki jasmani yang baik dan cerdas serta memiliki soft skill berupa solidaritas dalam menyelesaikan masalah. Ketiga, menanamkan semangat gotong-royong dan kesadaran sosial.

Sebagai organisasi mahasiswa intrakampus, Mapala Uniflor memiliki visi dan misi yang juga tidak terlepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Visi dan misi Mapala Uniflor tersebut adalah:

Visi:

Menjadi organisasi pecinta alam yang unggul dan berkualitas, berakhlak mulia, berpola pikir luas, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral demi persatuan dan kesatuan untuk membangun karakteristik organisasi yang mandiri dan berkualitas.

Misi:

  1. Menjalin kerjasama dan mempererat rasa kekeluargaan yang harmonis antara mahasiswa pecinta alam di Indonesia.
  2. Menjadikan organisasi mapala yang mampu bertindak kritis dan berpikir universal.
  3. Menyelenggarakan kegiatan yang mampu mewadahi dari berbagai disiplin ilmu yang dimiliki anggota.
  4. Menyelenggarakan kegiatan yang bersifat ilmiah maupun keterampilan untuk memupuk ketahanan fisik, mental, serta kemandirian anggota.
  5. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan turut serta dalam usaha pelestarian alam dan kingkungan hidup.

SK    :

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS FLORES NOMOR 06 TAHUN 2015 TENTANG PEMBENTUKAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS FLORES.

***

Sampai tahun 2017, FLOPALA telah melahirkan 4 (empat) angkatan yaitu:

Angkatan I / ANGKATAN PELOPOR (Tuteh Pharmantara, Rizkiah Fauziah Arugone, Silvester Indon Bata, Fatimah, Edwin Firmansyah, Deniar R. Ramadhan).

Angkatan II / ANGKATAN GEMURUH ALAM (Cahyadi, Robertus No’o, Wilfridus, Erick, Richard Watanamang.

Angkatan III / ANGKATAN TAPAK RIMBA (Agung Gegu, Edeltrudis Sito, Brigita Wage Sada, Erick Dhajo, Alfonsius Maulana, Julius, Elsin, Marten, Bryan, Dony, Gusti).

Angkatan IV / ANGKATAN ELANG FLORES.

***

Setiap tahun FLOPALA membuka kesempatan kepada mahasiswa/i Uniflor untuk bergabung dengan persyaratan antara lain:

  1. Mengisi formulir pendaftaran.
  2. Membayar biaya pendaftaran.
  3. Surat Ijin Orangtua.
  4. Surat Keterangan Dokter.

Setiap peserta wajib mengikuti Diklatsar. Diklatsar yang juga dilengkapi dengan Silabus dan Kurikulum Pembelajaran yang akan diikuti oleh peserta baru. Materi-materi yang diperoleh oleh peserta antara lain:

  1. Latihan fisik.
  2. Keorganisasian dan Sejarah MAPALA.
  3. Dokumentasi dan Publikasi.
  4. Manajemen Kegiatan Alam Terbuka.
  5. Survival dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat.
  6. Tali Temali.
  7. Mountenering dan Navigasi Darat.
  8. Rock Climbing.
  9. Caving.
  10. Sosiologi Pedesaan.

Prestasi

  1. Tahun 2015 FLOPALA bermitra dengan EXPDC NKRI melakukan penghijauan di Kampung Kopondopo, Kelurahan Roworena Barat, Kabupaten Ende.
  2. Tahun 2016 FLOPALA mewakili Universitas Flores serta membawa nama NTT mengikuti kegiatan Temu Wicara Kenal Medan (TWKM) Tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia ke XXVIII di Universitas Muslim Indonesia Makassar.
  3. Tahun 2017 FLOPALA menjadi Juara I Lomba Tracking yang diselenggarakan oleh Balai Taman Nasional Kelimutu.
  4. Tahun 2017 FLOPALA meresmikan Kampung Detukera sebagai Kampung Binaan FLOPALA.
  5. FLOPALA mempunyai kegiatan rutin penghijauan, pembersihan pesisir pantai, dan mendaki gunung (Gunung Meja, Gunung Iya, Gunung Inerie, dan lain-lain).

 

https://i.imgur.com/w2u6s8T.jpg     https://i.imgur.com/vh3MKmc.jpg    https://i.imgur.com/QGlsuBx.jpg

Cetak:

Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2018

cms by Technophoria Indonesia