Fakultas & Program Studi


EVENTS

Program Studi Pendidikan Fisika


Visi         :              

Menjadi program studi yang memiliki lulusan bermutu, unggul, berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi, mandiri, kompetensi dan berbudaya pada tahun 2030.

Misi        :              

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bermutu untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berkompetisi
  2. Melakukan penelitian yang bermanfaat dalam pengembangan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Melakukan pengabdian pada masyarakat yang hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Kompetensi Program Studi

Mata kuliah pengembangan kepribadian:
         1. kompetensi utama

  • berperilaku sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional indonesia
  • menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
  • berpatisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
  • menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
2. kompetensi pendukung
  • mewujudkan nilai-nilai keagamaan dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial.
  • menganalisis peran dan hak warga negara dan sistem pemerintahan nkri
3. kompetensi lain-lain
  • aktif mengikuti acara keagamaan sesuai dengan agama yang dianut mahasiswa.
  • berpatisipasi dalam kegiatan di lingkungan tempat tinggal.

mata kuliah keilmuan dan keterampilan (mkk)

1. kompetensi utama
  • menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan fisika
  • menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan fisika klasik dan fisika modern
  • mampu bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum fisika sederhana
  • melakukan dan menganalisis percobaan dalam cakupan bidang fisika
  • mampu mengikuti perkembangan fisika dan penerapannya
2. kompetensi pendukung
  • menguasai konsep-konsep dasar ilmu fisika seperti mekanika, listrik dan magnet, gelombang dan optik, zat padat, fisika modern, teori atom, fisika inti dan astrofisika
  • memahami proses berpikir ipa dalam mempelajari proses dan gejala alam
  • menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala alam
  • memahami hubungan antar berbagai cabang ipa dan hubungan ipa dengan matematika dan teknologi
3. kompetensi lain-lain
  • menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala alam
  • menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran ipa di kelas laboratorium
  • merancang eksperimen ipa untuk keperluan pembelajaran atau penelitian
  • memahami sejarah perkembangan ipa
  • memiliki kemampuan mengopservasi, merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis

mata kuliah keahlian berkarya (mkb)

1. kompetensi utama
  • menguasai karakteristik peserta didik
  • menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  • mampu mengembangkan kurikulum sma
  • memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
  • menggunakan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran sebagai dasar dalam melakasanakan pembelajaran fisika
2. kompetensi pendukung
  • memahami ciri-ciri peserta didik yang berkaitan dengan intelektual, fisik, moral dan sosial budaya
  • memahami teori belajar seperti behavioristik, konstruktivisme, humanistik, kognitivistik dan sibernetik
  • memahami kurikulum dan prinsip pengembangan kurikulum
  • menguasai teknik-teknik penilaian proses dan hasil belajar fisika
  • mampu menggunakan teori dan prinsip pembelajaran sesuai karakteristik materi fisika
3. kompetensi lain-lain
  • menunjukan perilaku senang terhadap peserta didik
  • menunjukan contoh-contoh konkret dari suatu teori belajar
  • membuat contoh modelm penilaian proses dan hasil belajar
  • mampu memberikan alasan menggunakan metode, model dan strategi pada suatu materi pembelajaran fisika

mata kuliah perilaku berkarya (mpb)

1. kompetensi utama
  • memiliki kemandirian mengembangkan materi pembelajaran fisika sma secara kreatif
  • memiliki kebiasaan perilaku reflektif untuk mengembangkan sikap profesional sebagai calon guru fisika
  • memiliki kesadaran untuk mengembangkan diri dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran fisika
2. kompetensi pendukung
  • menunjukan kemandirian dalam belajar fisika
  • menunjukan kebiasaan untuk melakukan refleksi terhadap proses belajarnya
  • menunjukkan kebiasaan untuk mengikuti perkembangan teknologi untuk kepentingan pembelajaran fisika
3. kompetensi lain-lain
  • menyusun materi pembelajaran fisika secara mandiri
  • menunjukan perilaku berpikir relatif dalam melakukan sesuatu
  • menunjukkan usaha untuk memahami dan menggunakan alat-alat teknologi baru dalam pembelajaran

mata kuliah kehidupan bermasyarakat (mbb)
1. kompetensi utama

  • menggunakan konsep dan prinsip fisika untuk menjelaskan isu-isu sosial yang berkaitan dengan ilmu fisika
  • memiliki kemampuan beradaptasi di masyarakat yang memiliki keragaman sosial budaya
  • mampu berkomunikasi di lingkungan masyarakat

2. kompetensi pendukung

  • berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan orang lain
  • mampu menjelaskan fenomena atau gejala di lingkugan sekitar masyarakat berdasarkan konsep dan prinsip fisika

3. kompetensi lain-lain

  • menunjukkan sikap sebagai pribadi yang berilmu
  • melibatkan diri dalam kegiatan pengembangan pendidikan bagi masyaraka

Tenaga Pengajar

  1. ADRIANUS NASAR, M.Pd.Si.
  2. MAIMUNAH H DAUD, M.Pd.Si
  3. MELKYANUS BILI UMBU KALEKA, S.Pd.,M.Pd
  4. THERESIA FLORENTINA DHOLO, S.Si.,M.Pd
  5. GASPAR BAO BALABUANA, S.Si.,M.Sc
  6. YASINTA EMBU IKA, S.Pd
  7. KRISTINA SARA, S.Kom.,M.Pd
  8. ALOISIUS HARSO, S.Si.,M.Pd
  9. DANIEL WOLO, S.Si.,M.Sc.
  10. ILYAS, S.Pd.,M.Pd
  11. AN NISAA AL MU'MIN LIU, S.Pd.,M.Pd