Fakultas & Program Studi


EVENTS

Biro Dan Kantor


BIRO DAN KANTOR
 

A. BIRO

1. BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (BAAK)

Pengertian

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) adalah unsur pelaksana administrasi yang membantu Rektor dibidang administrasi akademik dan kemahasiswaan serta mengkoordinasikan evaluasi program studi berbasis evaluasi diri.

BAAK berada dibawah koordinasi Pembantu Rektor Bidang Akademik untuk Administrasi Akademik dan  Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan untuk administrasi kemahasiswaan. BAAK bertanggung jawab langsung kepada Rektor.

BAAK dikepalai oleh seorang kepala biro yang dijabat oleh seorang pegawai administrasi bergelar sarjana yang memiliki wawasan akademik. Apabila dipandang perlu Rektor Universitas Flores dapat mengusulkan kepada Yapertif untuk mengangkat seorang dosen senior dengan kepangkatan Lektor untuk menjadi Kepala BAAK.

Para kepala biro, kepala bagian dan kepala subbagian pada BAAK Uniflor diangkat dan diberhentikan oleh Yapertif atas usul Rektor dan atau tanpa usul Rektor Uniflor.

 

Fungsi

Fungsi–fungsi dari Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswan Universitas Flores adalah sebagai berikut:

  1. Mengelola secara terpusat dan terpadu sistem administrasi akademik di lingkungan Universitas Flores.
  2. Sistem Informasi Akademik di lingkungan Universitas Flores yang berbasis IT selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan UPT EDP Universitas Flores.
  3. Memelihara dan mengamankan informasi akademik
  4. Mengembangkan dan menyediakan informasi manajemen kegiatan akademik bagi pengambilan keputusan Pimpinan Universitas.
  5. Menyelenggarakan hubungan dengan pihak luar Universitas Flores berkenaan dengan pengelolaan administrasi akademik dan kemahasiswaan bekerja sama dan berkoordinasi dengan Kantor Kerjasama Pendidikan Universitas Flores.

Tugas

Tugas dari Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan dalam menjalankan misi pendidikan Universitas Flores adalah sebagai berikut

  1. Mengelola dan mewujudkan kegiatan BAAK berdasarkan fungsi-fungsinya.
  2. Mengelola dan mewujudkan kegiatan BAAK secara terpadu dan terintegrasi sesuai system administrasi akademik dan kemahasiswaan.
  3. Menjalankan kerjasama dengan fakultas, lembaga, pusat studi, pusat, biro, UPT dan kantor pada Uniflor sebagai wujud dari fungsi–fungsi BAAK.
  4. Bertanggungjawab untuk mengembangkan, mengkoordinasikan dan mengawasi kelancaran pekerjaan Bagian Administrasi Akademik dan Bagian Administrasi Kemahasiswaan.

 

2. BIRO ADMINISTRASI UMUM DAN KEUANGAN (BAUK)

Pengertian

Biro Administrasi Umum (BAU) adalah unsur pelaksana administrasi universitas yang menyelenggarakan pelayanan teknis administrasi umum, bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan berada di bawah koordinasi Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum.

BAU dikepalai oleh seorang kepala biro yang dijabat oleh seorang pegawai administrasi bergelar sarjana yang memiliki wawasan akademik. Apabila dipandang perlu Rektor Universitas Flores dapat mengusulkan kepada Yapertif untuk mengangkat seorang dosen senior dengan kepangkatan Lektor untuk menjadi Kepala BAU.

Kepala biro, para kepala bagian dan kepala subbagian pada BAU Uniflor diangkat dan diberhentikan oleh Yapertif atas usul Rektor dan atau tanpa usul Rektor Uniflor.

 

Fungsi

Fungsi–fungsi dari Biro Administrasi Umum Universitas Flores sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana, mengkoordinasikan, mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Biro Administrasi Umum serta merumuskan kebijakan teknis di bidang administrasi umum, personalia, tata usaha rektorat dan bendaharawan berdasarkan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman kerja Perguruan Tinggi
  2. Mengoptimalkan sistem layanan administrasi yang efektif dan efisien untuk menuju layanan prima pada masing–masing bagian
  3. Mengembangkan kualitas SDM baik pimpinan, pengelola maupun bagian–bagian melalui pendidikan formal/non formal, Diklat, training, dan sebagainya

 

Tugas

Tugas dari Biro Administrasi Umum dalam menjalankan misi pendidikan Universitas Flores sebagai berikut:

  1. Mengelola urusan dan layanan administrasi umum bidang ketatausahaan, hukum dan tata laksana, serta protokoler Universitas Flores
  2. Mengelola urusan dan layanan administrasi bidang personalia meliputi administrasi dosen dan tenaga kependidikan
  3. Mengelola urusan dan layanan administrasi bidang tata usaha rektorat Uniflor yang meliputi sekretaris rektor dan para pembantu rektor
  4. Mengelola urusan dan layanan administrasi keuangan Universitas Flores

 

B. KANTOR

1. KANTOR KERJASAMA PENDIDIKAN

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Kerjasama Pendidikan Universitas Flores adalah sebagai berikut

  1. Melakukan kegiatan pengadministrasian seluruh kerjasama universitas;
  2. Memfasilitasi, menyiapkan dan melaksanakan acara penandatanganan MoU dan/atau perjanjian kerjasama;
  3. Mengembangkan dan memelihara sistem informasi dan administrasi pelaksanaan kerjasama, serta;
  4. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan administrasi pelaksanaan kerjasama.

 

Bentuk–Bentuk Kerjasama

Bentuk kerjasama yang dapat dilakukan oleh Universitas Flores yang difasilitasi oleh Kantor Kerjasama Pendidikan Universitas Flores adalah sebagai berikut

  1. Penyediaan tenaga ahli, bahan pengajaran, fasilitas pendidikan dan kebudayaan;
  2. Penyelenggaraan kerjasama dibidang akademik;
  3. Penyelenggaraan kerjasama dibidang penelitian dan pengembangan ilmu;
  4. Penyelenggaraan kerjasama dibidang pengabdian kepada masyarakat;
  5. Penyelenggaraan kerjasama dibidang manajemen;
  6. Penyelenggaraan kerjasama dibidang pengembangan sarana dan prasarana serta;
  7. Bentuk kerjasama lain selain diatas.

 

Prinsip–Prinsip Kerjasama

Prinsip–prinsip didalam melakukan kerjasama adalah sebagai berikut

  1. Kejelasan tujuan dan hasil yang diperoleh dari kerjasama;
  2. Saling menghormati, membutuhkan, menguntungkan dan berkesinambungan;
  3. Dikerjakan oleh petugas yang memahami konsep, teori dan proses serta berpengalaman dalam kerjasama;
  4. Melibatkan berbagai pihak yang dipandang perlu dan berkepentingan secara proaktif;
  5. Dapat dipertanggungjawabkan secara internal dan eksternal.

 

Mitra Kerjasama

Yang menjadi mitra kerjasama adalah

  1. Lembaga pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah;
  2. Lembaga pendidikan tinggi negeri maupun swasta, baik yang regional, nasional maupun internasional;
  3. Dunia usaha/industri/perusahaan nasional maupun internasional;
  4. Lembaga donor dalam bidang pendidikan dan/atau penelitian;
  5. Individu yang memiliki komitmen bagi kemajuan pendidikan;
  6. Alumni dan;
  7. Organisasi non pemerintah baik nasional maupun internasional.