Fakultas & Program Studi


EVENTS

VISI DAN MISI UNIVERSITAS FLORES


VISI

MENJADI UNIVERSITAS UNGGUL DAN TERPERCAYA SEBAGAI MEDIATOR BUDAYA

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang makna visi institusi:

  1. Universitas yang unggul adalah universitas yang memenuhi kepatuhan (compliance)  yakni yang memiliki keunggulan kompetitif dan komperatif di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakan dan tatakelola guna menghasilkan lulusan yang unggul. Lulusan yang unggul berarti: lulusan memiliki kompetensi dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap.
  2. Universitas terpercaya artinya Uniflor menjadi universitas pilihan atau preferensi bagi stake holder.
  3. Mediator budaya dipahami sebagai penghubung atau perantara  antara wujud-wujud budaya. Hal utama yang mencirikan seorang mediator adalah kemampuan menjembatani budaya modern dan budaya tradisional yang dapat dirinci ke dalam 4 (empat)  unsur pokok menyangkut nilai, gagasan, artefak atau hasil karya daya cipta manusia, dan proses sejarah. Jadi ada mediator antara pemahaman tentang nilai modern dan nilai tradisional, mediator antara gagasan modern dan tradisional, mediator antara pemahaman tentang wujud artefak, hasil daya cipta: benda dan tak benda (material dan intangible) modern dan tradisional, dan mediator antara hasil proses sejarah jangka panjang yang telah mengendap menjadi peradaban dan yang masih dipandang sebagai budaya lokal. Jadi Universitas Flores (Uniflor) sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bertugas melaksanakan proses pembudayaan untuk menghasilkan manusia yang berkarakter humanis. Proses pembelajaran di Uniflor memperkenalkan mahasiswa dengan pikiran para genius modern dan genius local. Denga demikian lulusan Uniflor harus memiliki pengetahuan ilmiah modern berdasarkan teori, metode dan transformasi data zaman baru dan yang mampu  mengkomunikasikannya kepada masyarakat yang memiliki pengetahuan tradisional berdasarkan akumulasi pengalaman lokal. Seorang lulusan universitas harus mampu membangun hubungan, menunjukkan relevansi (kepenadan) antara pengetahuan ilmiah dan pengetahuan alamiah. Lulusan yang memahami fungsinya sebagai mediator akan masuk ke dalam dunia kerja di masyarakat dengan perangkat pengetahuan (hasil pengajaran dan belajar), ketrampilan (hasil pelatihan) dan sikap (hasil pembentukan kepribadian) yang benar tentang hakikat hidup, dan ia harus menjadi pencerah bagi masyarakat yang masih hidup berdasarkan pengalaman alamiah semata-mata. Lulusan yang paham akan fungsinya sebagai mediator budaya pasti menyiapkan diri untuk bekerja secara profesional, artinya melakukan pekerjaan dalam suatu bidang keahlian dengan sebaik-baiknya, yaitu dengan menekankan kejujuran, kepedulian, dan etos kerja yang baik. Seorang mediator budaya dituntut memiliki pola pikir yang maju dan peka terhadap lingkungan spiritual, sosial dan alam yang melingkupi kehidupan manusia.

MISI

Guna mencapai visi, maka misi Universitas Flores adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu serta mengembangkan sumber daya manusia sebagai seorang mediator budaya yang profesional, mandiri, dan terpercaya yang menjunjung tinggi keluhuran budaya lokal dan nasional dalam keberagaman budaya.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang ipteks dengan fokus kajian pada  kebutuhan pembangunan daerah, industri, sumberdaya alam dan pelestarian lingkungan dan budaya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan martabat manusia yang berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat.
  1. Mengembangkan sistem tata kelola kelembagaan yang baik, efisien, efektif, transparan dan akuntabel (good university governance), yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi.


TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai Uniflor

  1. Menghasilkan lulusan sebagai “mediator budaya” yang berkualitas, profesional dan mandiri.
  2. Menghasilkan produk penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan ipteks.
  3. Menyebarluaskan ipteks hasil penelitian/riset dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan martabat manusia.
  4. Membangun Universitas “mediator budaya” dengan tata kelola yang baik dengan memberikan pelayanan bagi seluruh stake holder.

 

SASARAN

Dari tujuan di atas maka sasaran Universitas Flores adalah:

  1. Tujuan (1) ” Menghasilkan lulusan sebagai “mediator budaya” yang berkualitas, profesional dan mandiri.

             Sasaran :

    • Terwujudnya peningkatan kualitas proses belajar mengajar (akademik)
    • Tercapainya peningkatan pemanfaatan karya akademik
    • Terwujudnya peningkatan kualitas sikap/karakter mahasiswa
    • Tercapainya kualitas dan kuantitas kerja sama akademik dengan lembaga eksternal yang kredibel
    • Tercapainya kerja sama dengan perguruan tinggi asing yang bereputasi internasional
    • Tercapainya kuantitas da
    • Terwujudnya kurikulum Pendidikan tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
    • n kualitas mahasiswa

     

  1. Tujuan (2) ” Menghasilkan produk penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan ipteks.

Sasaran :

    • Terwujudnya pembelajaran berbasis hasil penelitian/riset
    • Tercapainya peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi pada jurnal nasioanal terakreditasi dan jurnal internasional
    • Tercapainya kerja sama penelitian dan atau penelitian bersama (joint research) dengan pemerintah daerah, lembaga swasta dan dari perguruan tinggi lainya baik dalam negeri maupun luar negeri.

3. Tujuan (3) ” Menyebarluaskan ipteks hasil penelitian/riset dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan martabat manusia

 Sasaran :

    • Tercapainya peran Universitas Flores dalam penyelesaian masalah bangsa dengan pendekatan sosio-budaya
    • Tercapainya peningkatan kualitas, intensitas dan efektivitas pengabdian pada masyarakat
    • Terlaksana dan meningkatnya kualitas magang sebagai pendukung kegiatan akademik dan pengabdian kepada masyarakat yang mengasah kepekaan sosial mahasiswa.

4. Tujuan (4) Membangun Universitas “mediator budaya” dengan tata kelola yang baik dengan memberikan pelayanan bagi seluruh stake holder.

Sasaran :

Terciptanya suatu sistem tata kelola aset, keuangan dan administrasi yang memenuhi standar tata kelola Universitas yang baik, efisien, efektif, transparan dan akuntabel (good university governance), dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.