Petunjuk Penulis

Penulis yang ingin mempublikasikan artikelnya di Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia wajib mencermati  syarat-syarat yang harus dipenuhi yang dicantumkan di bawah ini. Naskah artikel  akan langsung ditolak dan tidak dilanjutkan ke tahap review jika ditemukan bahwa naskah tidak memenuhi syarat-syarat tersebut.

  1. Naskah yang dikirimkan  belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor), dibuktikan dengan pernyataan penulis dan komitmen publikasi (tersedia pada bilah sisi web jurnal ini).
  2. File naskah hendaknya ditulis dalam dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect dan mengikuti gaya selingkung penulisan pada template. Template dapat diunduh pada tautan yang tertera pada bilah samping web jurnal ini. 
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Naskah ditulis dengan format  1 spasi; font 11; Book Antiqua; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada bagian artikel  yang tepat, tidak disajikan secara terpisah  di akhir artikel.
  5. Naskah telah mematuhi persyaratan mengenai kepustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman web ini.

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL RETORIKA: JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

  1. Artikel yang dimuat di Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan hasil penelitian di bidang pendidikan. Jumlah kata minimal untuk keseluruhan artikel adalah 5000 kata.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Sistematika penulisan artikel adalah judul; nama penulis, abstrak disertai kata kunci; pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.
  3. Judul artikel tidak boleh lebih dari 14 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan style tulisan Book Antiqua, ukuran huruf 12 point.
  4. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama, alamat lembaga asal, dan alamat e-mail, ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting (editor) hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail, dengan style tulisan Book Antiqua, ukuran huruf 9 point.
  5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak maksimum 250 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak berisi latar belakang penelitian, tujuan, metode, hasil penelitian, dan kesimpulan (Abstrak versi bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring, 1 spasi)Abstrak dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia menggunakan style tulisan Book Antiqua dengan ukuran huruf 9 point.
  6. Artikel diketik dengan program Microsoft Word menggunakan format kolom koran (2 kolom), style tulisan Book Antiqua, ukuran 11 pt, 1 spasi. Pengirimian naskah dilakukan secara online melalui website Open Journal System (OJS) dengan alamat: http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/index. Setelah mengirimkan naskah, penulis wajib mengkonfirmasi pengiriman melalui email retorikapbsiuniflor@gmail.com atau melalui pesan WA ke 081353989718.
  7. Cara penulisan artikel harus mengacu kepada: PENDAHULUANMETODEHASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN disertai  DAFTAR PUSTAKA.
  8. Bagian PENDAHULUAN 

    Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, urgensi permasalahan, hasil kajian pustaka utama yang menjadi landasan penelitian, hasil-hasil riset sebelumnya yang relevan dengan kajian penelitian, dan tujuan penelitian. Penulis sangat disarankan menggunakan referensi artikel jurnal dari terbitan terbaru untuk dijadikan landasan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan disajikan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf, tidak dibagi bagian perbagian yang ditulis dengan model pembaban laporan penelitian/skripsi/tesis disertasi. Pendahuluan tanpa menggunakan judul subbab dan paragraf pertama rata kiri, lurus dengan judul bab. Pendahuluan ditulis dengan Book Antiqua 11, spasi 1.

  9. Bagian METODE berisi paparan tentang macam atau sifat penelitian, sumber data, data, teknik pengumpulan data, instrumen pe-ngumpulan data, prosedur pengumpulan data, dan metode analisis data. Paragraf pertama ditulis rata kiri, lurus dengan judul bab.
  10. Bagian HASIL DAN PEMBAHASAN berisi paparan hasil dan pembahasan harus menjawab permasalahan dan tujuan penelitian. Paragraf pertama pada hasil dan pembahasan ditulis lurus dengan judul bab. Pembahasan berisi tentang jawaban yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan dan dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan.
  11. Bagian KESIMPULAN harus menjawab permasalah-an dan tujuan penelitian. Simpulan bukan ringkasan dan bukan pula tulisan ulang dari pembahasan. Paragraf pertama ditulis rata kiri, lurus dengan judul bab. Kesimpulan tidak boleh hanya berisi pengulangan hasil dan pembahasan. Harus menjadi ringkasan hasil seperti yang diharapkan penulis dalam tujuan. Saran berisi tentang rencana-rencana lanjutan yang terkait dengan ide-ide penulis, disajikan dalam bentuk paragraf.
  12. Bagian DAFTAR PUSTAKA  berisi semua rujukan yang digunakan harus diambil dari sumber primer (jurnal ilmiah dan/atau sumber berupa buku) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Semua rujukan yang digunakan dalam naskah harus terdaftar di bagian ini. Minimal setiap naskah harus memiliki sepuluh rujukan dan menggunakan standar APA fifth edition. Sangat disarankan menggunakan perangkat lunak manajemen pustaka Mendeley. Aturan pengutipan rujukan menggunakan teknik rujukan dengan style APA dan diwajibkan menggunakan aplikasi pengutipan standar seperti Mendeley, Endnote, Zotero dan lain-lain.
  13. Daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis dan pustaka yang digunakan haruslah yang dapat ditelusuri editor dan atau pembaca. Dengan demikian, penulis wajib mencantumkan doi atau link sumber pustaka yang digunakan pada setiap sumber di daftar pustaka.
  14. Tabel (jika ada) dibuat tanpa garis vertikal. Cukup garis horizontal pada bagian atas dan bagian bawah tabel. Kemudian, nama tabel dicetak tebal dan diposisikan di atas tabel.
  15. Gambar atau Diagram (jika ada) dibuat dengan ukuran yang jelas dan nama Gambar atau Diagram ditempatkan di bawah Gambar atau Diagram.
  16. Semua naskah ditelaah oleh reviewers yang ditunjuk oleh tim editor menurut bidang keilmuan dan kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari reviewers atau editor. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan via e-mail.
  17. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel

Contoh Penulisan Daftar Pustaka/Referensi

Buku: Brown, H.D. 2017. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains: Pearson Education.

Sungkowati, Y. (2009). Lintasan sejarah Indonesia dalam novel-novel Suparto Brata. Lingua, 4(1), 15--35. doi: 10.18860/ling.v4i1.585.

Sungkowati, Y. (2010). Persoalan lingkungan hidup dan urbanisasi dalam beberapa cerpen Indonesia. Prosiding Konferensi Internasional Kesusasteraan XXI HISKI  Sastra dan Budaya Urban dalam Kajian Lintas Media, 78--90. Surabaya: Airlangga University Press.

Thwaites, T., Davis, L., & Mules, W. (2009). Introducing cultural and media studies: Sebuah pendekatan semiotik. (Rahmana, S., penerjemah). Yogyakarta & Bandung: Jalasutra. (karya asli pertama terbit tahun 2002).

Artikel dalam jurnal ilmiah: 

Saifudin, M. F., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan3(1), 68-77. http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i12019p068

Subakti, H. (2020). Hasil belajar muatan bahasa indonesia tema lingkungan sahabat menggunakan media spinning wheel kelas v sdn 007 samarinda ulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia2(2), 192-206. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3067

Skripsi, Tesis, Disertasi: Choo, S. (2016). Investigating Ideology in the Literature curriculum in Singapore. Unpublished master’s thesis. Department of English Language and Literature: National University of Singapore.

Sumber online: Deane, P., Odendahl, N., Quinlan. T., Flowles, M., Welsh, C., & Tatum, J. B. (2008). Cognitive models of writing: Writing proficiency as a complex integrated skill. Retrieved February 9, 2014, from https://www.ets.org/Media/Research/pdf/RR-08-55.pdf.

Publikasi tanpa nama penulis: Curriculum Planning and Development Division. (2017). Literature in English, teaching    syllabus. Ministry of Education: Singapore.

Artikel dalam koran: Big drop in students studying O-level literature. (2018, August 16). The Straits Times, p. 3.