ISSN |
ISSN 2745-6358 (Printed)
ISSN 2745-634X (Online)
Penulis yang ingin mempublikasikan artikelnya di Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia wajib mencermati syarat-syarat yang harus dipenuhi yang dicantumkan di bawah ini. Naskah artikel akan langsung ditolak dan tidak dilanjutkan ke tahap review jika ditemukan bahwa naskah tidak memenuhi syarat-syarat tersebut.
PANDUAN PENULISAN ARTIKEL RETORIKA: JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, urgensi permasalahan, hasil kajian pustaka utama yang menjadi landasan penelitian, hasil-hasil riset sebelumnya yang relevan dengan kajian penelitian, dan tujuan penelitian. Penulis sangat disarankan menggunakan referensi artikel jurnal dari terbitan terbaru untuk dijadikan landasan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan disajikan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf, tidak dibagi bagian perbagian yang ditulis dengan model pembaban laporan penelitian/skripsi/tesis disertasi. Pendahuluan tanpa menggunakan judul subbab dan paragraf pertama rata kiri, lurus dengan judul bab. Pendahuluan ditulis dengan Book Antiqua 11, spasi 1.
Contoh Penulisan Daftar Pustaka/Referensi
Buku: Brown, H.D. 2017. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains: Pearson Education.
Sungkowati, Y. (2009). Lintasan sejarah Indonesia dalam novel-novel Suparto Brata. Lingua, 4(1), 15--35. doi: 10.18860/ling.v4i1.585.
Sungkowati, Y. (2010). Persoalan lingkungan hidup dan urbanisasi dalam beberapa cerpen Indonesia. Prosiding Konferensi Internasional Kesusasteraan XXI HISKI Sastra dan Budaya Urban dalam Kajian Lintas Media, 78--90. Surabaya: Airlangga University Press.
Thwaites, T., Davis, L., & Mules, W. (2009). Introducing cultural and media studies: Sebuah pendekatan semiotik. (Rahmana, S., penerjemah). Yogyakarta & Bandung: Jalasutra. (karya asli pertama terbit tahun 2002).
Artikel dalam jurnal ilmiah:
Saifudin, M. F., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68-77. http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i12019p068
Subakti, H. (2020). Hasil belajar muatan bahasa indonesia tema lingkungan sahabat menggunakan media spinning wheel kelas v sdn 007 samarinda ulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 192-206. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3067
Skripsi, Tesis, Disertasi: Choo, S. (2016). Investigating Ideology in the Literature curriculum in Singapore. Unpublished master’s thesis. Department of English Language and Literature: National University of Singapore.
Sumber online: Deane, P., Odendahl, N., Quinlan. T., Flowles, M., Welsh, C., & Tatum, J. B. (2008). Cognitive models of writing: Writing proficiency as a complex integrated skill. Retrieved February 9, 2014, from https://www.ets.org/Media/Research/pdf/RR-08-55.pdf.
Publikasi tanpa nama penulis: Curriculum Planning and Development Division. (2017). Literature in English, teaching syllabus. Ministry of Education: Singapore.
Artikel dalam koran: Big drop in students studying O-level literature. (2018, August 16). The Straits Times, p. 3.