PKS ANTARA UNIFLOR DENGAN DESA NANGANESA

Ditulis pada Kamis, 27 Mei 2021 oleh:

Pada Kamis (27/5/2021) bertempat di Kantor Desa Nanganesa, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, berlangsung kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Universitas Flores (Uniflor) dengan Desa Nanganesa. Kegiatan yang dimulai pukul 09.15 Wita tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Dr. Ernesta Leha, S.E., M.Agb., Kepala Desa Nanganesa Ishak Ismail, S.Sos. beserta jajarannya, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uniflor Dr. Sofia Sa’o, M.Pd., Dekan Fakultas Pertanian Uniflor Dr. Sri Wahyuni, S.P., M.Si., Kepala Kantor Kerja Sama Uniflor Gratiana Sama, S.Pd., M.Hum. beserta jajarannya, Kepala Pusat Studi Pariwisata Uniflor Daniel Wolo, S.Si., M.Sc. beserta jajarannya, kepala dusun dan tokoh adat setempat.

 

Kepala Desa Nanganesa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Uniflor yang bersedia bekerja sama dengan desa dalam pembangunan desa dalam hal ini kampus memiliki sumber daya manusia yang mumpuni untuk memberikan kontribusi dan masukan terkait dengan pembangunan di desa. Ranah PKS antara lain pariwisata, pendidikan, pertanian, dan infrastruktur desa. Melalui PKS diharapkan desa memiliki master plan yang mana master plan tersebut tidak saja dilaksanakan pada saat ini dan beberapa tahun ke depan tetapi juga dapat dilaksanakan oleh pejabat desa berikutnya.

 

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Kerja Sama mengatakan Uniflor telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah Ende melalui Memorandum of Understanding (MoU). Dengan adanya MoU maka semua bentuk kerja sama (PKS) dapat dilakukan antara Uniflor dengan pihak kecamatan, kelurahan, desa, maupun stakeholder di Kabupaten Ende. Dalam PKS dimaksud, Uniflor dapat memberikan bantuan terutama di bidang akademik. Inti dari PKS adalah membangun Ende yang lebih baik. Lebih lanjut ia mengatakan hal terpenting dalam membangun desa adalah menyamakan persepsi (visi dan misi). Membangun sama dengan berbisnis yang mana membutuhkan proses dan kesabara untuk dapat mencapai tujuan serta menikmati hasil pembangunan.

 

Usai kegiatan pembukaan dan penandatanganan PKS antara Uniflor (FKIP, Fakultas Pertanian, dan Pusat Studi Pariwisata Uniflor) dengan Desa Nanganesa kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Membangun Desa Wisata: Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Uniflor. Tiga poin yang merupakan fondasi penting pembangunan desa wisata adalah persoalan mendasar pariwisata di Flores, alasan Desa Nanganesa membutuhkan pengembangan pariwisata, dan hubungan pembangunan desa wisata dengan kesejahteraan masyarakat. Salah satu strategi pembangunan desa wisata adalah menggunakan dua sistem pendekatan yaitu sistem perencanaan formal dan sistem pendekatan partisipatif yang berujung pada Community Based Tourism (CBT).

 

Kegiatan PKS antara Uniflor dengan Desa Nanganesa diakhiri dengan makan siang dan foto bersama.(2teh).

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita
Bagikan:

PELATIHAN PTK OLEH PRODI PGSD DI SDK NDONA 2

Pada Senin (14/6/2021) berlangsung kegiatan lanjutan Pelatihan Penelitian Tindak

PENGENALAN PRODUK TURUNAN UBI KAYU NUABOSI PROGRAM PENGEMBANGAN DESA MITRA

Selama perjalanan 2 (dua) tahun Program Pengembangan Desa Mitra kerja sama Unive

PROGRAM PENGEMBANGAN DESA MITRA MEMULAI PELATIHAN PENGOLAHAN KRIPIK UBI NUABOSI

Pelatihan pengolahan ubi Nuabosi merupakan salah satu program kerja Tim Program


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2021

cms by Technophoria Indonesia
    Subscribe to site updates!