PEMBUKAAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT BAGI KELOMPOK TANI PADI ORGANIK DI DESA DETUSOKO BARAT

Ditulis pada Rabu, 02 Jun 2021 oleh:

Pada Rabu (2/6/2021), pukul 09.00 Wita, bertempat di Kantor Desa Detusoko Barat berlangsung kegiatan Pembukaan Program Kemitraan Masyarakat Bagi Kelompok Tani Padi Organik di Desa Detusoko Barat. Program yang merupakan kerja sama antara Universitas Flores (Uniflor), Desa Detusoko Barat, dan Kampus Tanpa Dinding tersebut didukung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-ristek) Republik Indonesia. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor Falentina Lucia Banda, S.E., M.Sc., Kepala Desa Detusoko Barat Ferdinandus Watu, S.Fil. beserta jajarannya, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Uniflor Dr. Willybrordus Lanamana, MMA., Dekan Fakultas Pertanian Uniflor Dr. Sri Wahyuni, S.P., M.Si. beserta jajarannya, Pendiri sekaligus Ketua Kampus Tanpa Dinding Iis Beribe, ketua adat/mosalaki setempat, pemilik lahan, dan mahasiswa pengurus kelas kreatif Fakultas Pertanian Uma Rema Class.

 

PRODUK UNGGULAN DI DESA HARUS DIKEMBANGKAN

 

Kepala Desa Detusoko Barat dalam sambutannya mengatakan Program Kemitraan Masyarakat Bagi Kelompok Tani Padi Organik di Desa Detusoko Barat antara Uniflor dengan Pemerintah Desa Detusoko Barat bertujuan mengembangkan produk unggulan di desa. Ia memberikan apresiasi yang tinggi terhadap program kemitraan yang merupakan wujud kerja sama antara Uniflor dengan pemerintah desa dalam hubungannya dengan implementasi kampus tanpa dinding sekaligus kolaborasi untuk kampus merdeka. Desa Detusoko Barat sangat terbuka dengan pengembangan kegiatan yang ada di desa dan bersyukur karena desa tersebut dipilih menjadi desa dampingan dari program dimaksud.

 

Program Kemitraan Masyarakat Bagi Kelompok Tani Padi Organik di Desa Detusoko Barat selaras dengan visi Desa Detusoko Barat yaitu mewujudkan masyarakat Desa Detusoko Barat yang berkarakter lokal, berdaya saing, mandiri berbasis pertanian terpadu dan eco-wisata dengan mengedepankan teknologi dan informasi menuju masyarakat adil dan sejahtera. Visi tersebut dijalankan dengan misi membangun infrastruktur ekonomi masyarakat dan menciptakan aneka produk dan jasa unggulan dari desa dengan berpijak pada pertanian dan pariwisata melalui BUMDES sebagai penggerak ekonomi warga.

 

Desa Detusoko Barat dalam masa jabatan Ferdinandus Watu/Nando telah memperoleh Penghargaan dari Presiden Republik Indonesia melalui BUMDes Ae Wula. Sebelum menjabat sebagai kepala desa, Nando dan remaja setempat telah membangun komunitas Remaja Mandiri Community (RMC). Komunitas ini sukses mengembangkan ekowisata yang menyajikan keunikan alam, budaya dan masyarakat. Decotourism atau Detusoko Eco-tourism menjadikan Detusoko terkenal tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

 

LEMBAGA ADAT MENDUKUNG KEGIATAN POSITIF UNTUK PENGEMBANGAN DESA

 

Dalam kegiatan tersebut lembaga adat turut mengucapkan terima kasih kepada Uniflor di mana pada tahun 2021 menjalin kerja sama dengan Desa Detusoko Barat. Hal itu diungkapkan oleh perwakilan Ketua Adat Stanislaus Satu dalam sambutannya yang merupakan dukungan lembaga adat terhadap kegiatan-kegiatan positif untuk pengembangan desa yang merupakan upaya untuk mewujudkan visi dan misi Desa Detusoko Barat. Dukungan lembaga adat setempat sangat penting demi terlaksananya program kemitraan yang terjalin.

 

KEGIATAN PKM HARUS BERKELANJUTAN PADA KEMANDIRIAN MITRA

 

Sudah selama 4 (empat) tahun Uniflor bekerja sama dengan Kemendibuk-ristek yang sebelumnya dikenal dengan nama Kemenristek-BRIN. Sejumlah 25 (dua puluh lima) proposal lolos pada tahun 2021. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala LPPM Uniflor dalam sambutannya. Sasaran terpenting dari program kemitraan adalah terjadinya perubahan pada masyarakat sehubungan dengan pengetahuan yang diimplementasikan melalui program dimaksud. Sehingga setiap program harus dilakukan pre-test dan post-test agar dapat diukur tingkat keberhasilannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) harus dapat sampai pada tingkat keberlanjutan dan kemandirian masyarakat setempat. Dengan kata lain tidak hanya sebatas pada penyuluhan atau pelatihan.

 

***

 

Kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat Bagi Kelompok Tani Padi Organik di Desa Detusoko Barat oleh Dekan Fakultas Pertanian Uniflor, penandatanganan kerja sama, paparan materi dan indentifikasi lahan oleh Ketua Kampus Tanpa Dinding yang dibantu oleh anggota Uma Rema Class, dan diakhiri dengan makan siang serta foto bersama.(2teh).

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

PELATIHAN PTK OLEH PRODI PGSD DI SDK NDONA 2

Pada Senin (14/6/2021) berlangsung kegiatan lanjutan Pelatihan Penelitian Tindak

PENGENALAN PRODUK TURUNAN UBI KAYU NUABOSI PROGRAM PENGEMBANGAN DESA MITRA

Selama perjalanan 2 (dua) tahun Program Pengembangan Desa Mitra kerja sama Unive

PROGRAM PENGEMBANGAN DESA MITRA MEMULAI PELATIHAN PENGOLAHAN KRIPIK UBI NUABOSI

Pelatihan pengolahan ubi Nuabosi merupakan salah satu program kerja Tim Program


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2021

cms by Technophoria Indonesia
    Subscribe to site updates!