PROGRAM PENGEMBANGAN DESA MITRA MEMULAI PELATIHAN PENGOLAHAN KRIPIK UBI NUABOSI

Ditulis pada Minggu, 06 Jun 2021 oleh:

Pelatihan pengolahan ubi Nuabosi merupakan salah satu program kerja Tim Program Pengembangan Desa Mitra. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Tim Program Pengembangan Desa Mitra Dr. Willybrordus Lanamana, MMA yang merupakan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarat (LP2M) Uniflor, saat membuka kegiatan Pelatihan Pengolahan Kripik Ubi Nuabosi di Desa Randotonda, Sabtu (5/6/2021). Selama ini setiap kali panen hasil bumi andalan dataran Ndetundora tersebut dijual langsung di pasar atau dibeli langsung oleh para pedagang/pengumpul di kebun milik masyarakat. Pengolahan ubi Nuabosi menjadi produk turunan masih dilakukan oleh pihak lain sehingga masyarakat tidak menerima perubahan nilai tambah dari perubahan bentuk produk. Sementara itu, selisih nilai antara ubi Nuabosi yang dijual mentah dengan produk turunan lain sangat jauh. Lebih lanjut ia berharap Tim Penggerak PKK setempat bisa mengikuti pelatihan dan mengaplikasikannya dengan baik. Selain pengolahan, Tim Program Pengembangan Desa Mitra juga akan melakukan pelatihan sampai pada tahap pengemasan, promosi, dan pemasaran, serta bisa bisa bersaing dengan kripik singkong yang sudah beredar di pasaran.

 

Praktisi yang diundang sebagai mentor Hj. Ummi Salamah Yunus dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya sudah lama mengolah ubi Nuabosi menjadi berbagai produk turunan yang dipasarkan hingga ke tingkat nasional. Berdasarkan pengalamannya tersebut, ubi Nuabosi dapat diolah menjadi berbagai produk turunan seperti rolltart, cake, onde, lemper, kroket, dan lain sebagainya. Kripik merupakan produk turunan ubi yang dapat bertahan lama. Selain kripik, ia telah melakukan praktek olahan ubi yang dapat bertahan lama yaitu kremes. Di akhir sambutan ia menekankan peserta kegiatan harus punya kemauan untuk berubah dan semangat, serta menanamkan nilai kedisiplinan.

 

Pelatihan pengolahan ubi Nuabosi yang dimulai pukul 09.30 Wita tersebut dimulai dari proses pemilahan jenis ubi (tanah air, terigu, putih) serta usia ubi saat dipanen. Dilanjutkan dengan mengupas, pembersihan, pengirisan menggunakan alat, hingga menggorengnya menjadi kripik. Meskipun pelatihan ini ditujukan untuk anggota Tim Penggerak PKK setempat namun juga dihadiri oleh Kelompok Tani dan Kelompok Ternak. Kepala Desa Randotonda mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan pelatihan pengolahan kripik ubi Nuabosi dan berharap keberlanjutan kegiatan tersebut dapat membawa perubahan ekonomi bagi warganya.(2teh).

 

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita, Berita Kampus
Bagikan:

PELATIHAN PTK OLEH PRODI PGSD DI SDK NDONA 2

Pada Senin (14/6/2021) berlangsung kegiatan lanjutan Pelatihan Penelitian Tindak

PENGENALAN PRODUK TURUNAN UBI KAYU NUABOSI PROGRAM PENGEMBANGAN DESA MITRA

Selama perjalanan 2 (dua) tahun Program Pengembangan Desa Mitra kerja sama Unive

PROGRAM PENGEMBANGAN DESA MITRA MEMULAI PELATIHAN PENGOLAHAN KRIPIK UBI NUABOSI

Pelatihan pengolahan ubi Nuabosi merupakan salah satu program kerja Tim Program


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2021

cms by Technophoria Indonesia
    Subscribe to site updates!