JELANG 41 TAHUN, UNIFLOR GELAR BERBAGAI KEGIATAN VIRTUAL

Ditulis pada Kamis, 15 Jul 2021 oleh:

19 Juli 2021, Universitas Flores (Uniflor) akan memasuki usia ke-41. Berbagai kegiatan digelar secara virtual mengingat situasi pandemi Covid-19 yang semakin parah di Kabupaten Ende, khususnya di Kota Ende. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Uniflor sekaligus Ketua Panitia Dies Natalis Uniflor Ke-41 Dr. Ernesta Leha, S.E., M.Agb. Kegiatan-kegiatan virtual dilaksanakan di tingkat fakultas dan tingkat universitas, antara lain Webinar Nasional Kerja Sama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer Universitas Bina Insani oleh Fakultas Teknologi Informasi, Webinar Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka oleh Uniflor, Webinar Sosialisasi Pengusulan Jafung bagi Dosen oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Webinar Pelatihan Perhitungan dan Pelaporan Pajak Penghasilan orang Pribadi oleh Fakults Ekonomi. Selain itu, kegiatan-kegiatan tingkat fakultas lainnya yang akan dilaksanakan antara lain Webinar/Workshop Penyusunan Kurikulum Kampus Merdeka oleh Fakultas Teknik, Pelatihan Phone Fotography Bagi Mahasiswa dan Dosen oleh Fakultas Pertanian, Webinar On-Line (Kerjasama dengan LPSK) oleh Fakultas Hukum, hingga Bakti Sosial di Gereja Puurere oleh Dosen, Pegawai dan perwakilan dari Mahasiswa oleh Fakultas Bahasa dan Sastra.

 

Ketua Panitia Dies Natalis Uniflor Ke-41 mengatakan bahwa pada Senin (19/7/2021) akan ada perayaan puncak dalam bentuk Misa Syukur yang dilakukan secara virtual dan juga Ibadat Syukur dari civitas akademika yang beragama Protestan. Sebelum perayaan puncak tersebut, panitia juga memfasilitasi kegiatan kerohanian dalam bentuk Rekoleksi untuk yang beragama Katolik dan Protestan, yang diadakan pada Kamis (15/7/2021) dan Tausyiah bagi yang beragama Islam yang diadakan Jum’at (16/7/2021). Tidak hanya Tenaga Pendidik dan Kependidikan, semua mahasiswa turut dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan terkait Dies Natalis Uniflor baik Webinar, Workshop, Rekoleksi, Tausyiah maupun Misa dan Ibadat Syukur.

 

Lebih lanjut Ketua Panitia Dies Natalis Uniflor Ke-41 mengatakan bahwa dalam konteks konteks kehidupan manusia,  usia di atas 40 tahun adalah usia keemasan manusia dalam menapaki hidup. Di usia ini manusia dianggap sudah mencapai kematangan dalam bertindak, bersikap dan berpikir. Demikian pula dalam konteks lembaga. Usia 41 tahun adalah usia keemasan dimana Uniflor sudah semakin matang dalam semua upayanya untuk menjadi Kampus yang bermutu. Dan hal itu nampak pada peningkatan kualitas SDM khususnya dosen-dosen yang mengajar di Uniflor saat ini, semuanya sudah berkualifikasi Magister dan banyak diantaranya sudah berkualifikasi Doktor lulusan dari Kampus-kampus besar di Indonesia. Selain itu masih banyak juga dosen-dosen dari Uniflor  yang sedang menempuh pendidikan Pasca Sarjana S2 dan S3 baik di dalam negeri maupun di Luar negeri seperti Australia dan Amerika. Dan ini merupakan bukti komitmen Uniflor di usianya yang ke-41 untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan terbaik bagi Masyarakat di NTT maupun di luar NTT, khususnya bagi generasi-generasi muda penerus bangsa.

 

Dengan demikian, harapan sebagai Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Ketua Panitia Dise-Natalis ke-41 Uniflor adalah semoga ke depannya Kampus ini akan semakin mampu bersaing dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital dan perubahan zaman, khususnya dalam hal penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) saat ini dimana Uniflor sudah mempunyai komitmen untuk menerapkan Kurikulum ini.

 

Penerapan Kurikulum MBLM ini berarti ‘PR’ besar Wakil Rektor Bidang Kerja Sama untuk bisa mencari mitra sebanyak-banyaknya di luar Uniflor. Karena sebagian besar kegiatan dalam Kurikulum MBKM ini terkait dengan pihak luar, contohnya Kegiatan Magang dan Pertukaran Mahasiswa atau Penerapan Hak Mahasiswa untuk Belajar di Luar Prodi, di Luar Fakultas dan di Luar Universitas. Untuk bisa melaksanakan semua kegiatan ini, Uniflor harus mempunyai mitra yang banyak dan solid serta memiliki persepsi yang sama, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri, baik dari lembaga Perguruan Tinggi, Pemeritahan maupun Lembaga Swasta Lainnya. Tujuannya adalah untuk mendorong Mahasiswa Universitas Flores menguasai berbagai disiplin keilmuan dan ketrampilan dalam memasuki dunia kerja.

 

Terakhir semoga Usia ke-41 ini merupakan momentum bagi Universitas Flores untuk menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sekaligus menjadikan Uniflor sebagai Pioner dalam program Transformasi Digital Perguruan Tinggi di daratan Flores khususnya dan NTT secara umum. Di akhir wawancara, Ketua Panitia Dies Natalis Uniflor Ke-41 mengucapkan: “Selamat Ulang Tahun Universitas Flores yang ke-41, satukan langkah bulatkan tekad menuju Uniflor bermutu. Jayalah selalu Uniflor-ku!”(2teh).

 

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita, Seminar dan Workshop, Berita Kampus
Bagikan:

REKOLEKSI DAN TAUSYIAH DALAM RANGKA DIES NATALIS UNIFLOR KE-41

Dalam rangka Dies Natalis Universitas Flores (Uniflor) ke-41, 19 Juli 2021, Pani

JELANG 41 TAHUN, UNIFLOR GELAR BERBAGAI KEGIATAN VIRTUAL

19 Juli 2021, Universitas Flores (Uniflor) akan memasuki usia ke-41. Berbagai ke

PUSPAR UNIFLOR MENGGAGAS DETUSOKO CREATIVE HUB

Pada Senin (21/6/2021), bertempat di Kantor Camat Detusoko, pukul 08.00 Wita s.d


Tinggalkan Komentar


Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2021

cms by Technophoria Indonesia
    Subscribe to site updates!