Prodi Akuntansi

http://akuntansi.uniflor.ac.id

Visi

Visi Program Studi Akuntansi adalah: MENJADI PROGRAM STUDI  YANG UNGGUL DAN TERPERCAYA SEBAGAI MEDIATOR BUDAYA  DALAM BIDANG EKONOMI.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang makna visi Program Studi Akuntansi:

Program Studi Yang Unggul adalah Program Studi yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif di bidang pendidikan dan pengajaran,penelitian dan pengabdian masyarakat.
Program Studi Terpercaya adalah program studi pilihan atau referensi bagi stakeholder.
Mediator Budaya bidang Akuntansi artinya program studi mampu menghasilkan lulusan yang menjembatani budaya akuntansi tradisional dan budaya  akuntansi modern dan  mampu menjembatani dunia pendidikan akuntansi ke dunia kerja.

Misi 

Untuk mencapai visi tersebut di atas, maka misinya adalah:

Menyelenggarakan  Program Pendidikan dan Pengajaran  dibidang akuntansi
Melakukan penelitian dalam bidang akuntansi guna menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas.
Melaksanakan pengabdian masyarakat  yang sesuai dengan bidang ilmu akuntansi.
Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders di dalam dan di luar negeri.

Tujuan Program Studi Akuntansi

Menghasilkan lulusan yang professional dibidang akuntansi
Menghasilkan penelitian yang berkualitas di bidang akuntansi sehingga dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan ilmu pengetahuan
Terwujudnya kegiatan pengabdian masyarakat .
Mengoptimalkan kerjasama dengan stakeholders di dalam maupun di luar negeri

Sasaran Program Studi Akuntansi

Sasaran dari masing-masing tujuan Program Studi Akuntansi adalah:

Tujuan (1) “Menghasilkan lulusan yang profesional dan mempunyai keunggulan kompetitif dalam bidang ekonomi”.

Terwujudnya kurikulum pada masing-masing program studi yang  berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Terwujudnya peningkatan  lulusan yang tangguh dan berwawasan ilmiah yang luas dalam bidang Ekonomi dan mampu mengintegrasikan pengetahuannya dalam pelaksanaan  tugas-tugas profesionalnya yang dilandasi oleh kepribadian yang integratif, jujur, berbudi luhur, disertai dengan etos kerja yang tinggi.

Tujuan ( 2 ) “Menghasilkan penelitian  yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam pengembangan ilmu”.

Sasarannya:

Terwujudnya penelitian yang berkualitas dalam bidang ekonomi.
Terwujudnya penelitian yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.

Tujuan ( 3 ) “Menyebarluaskan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.”

Sasarannya:

Terwujudnya kegiatan pengabdian masyarakat dengan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan pemanfaatan hasil penelitian dalam masyarakat.

Tujuan ( 4 ) “Memberikan pelayanan prima kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat umum”.

pelayanan yang ramah, tepat, cepat dan bertanggung jawab kepada segenap civitas akademika dan masyarakat umum.  

Strategi:

Strategi Pencapaian visi misi program studi akuntansi,untuk mencapai tujuan 1,maka stategi yang dilakukan yaitu 1) Penerapan kurikulum berdasarkan KKNI 2) mempersiapkan dosen untuk studi lanjut, 3) evaluasi dan penyesuaian kurikulum 4) Peningkatan pengelolaan kepustakaan program studi 5) melakukan monitoring dan evaluasi proses belajar mengajar,tenaga administrasi dan dosen, 6) penyelenggaraan seminar,kuliah tamu dan workshop 7) Pengiriman dosen ke acara-acara ilmiah 8) Penyertaan aktif tenaga dosen ke dalam asosiasi-asosiasi ilmu akuntansi 9) pengajuan akreditasi program studi.

 Strategi yang dilakukan untuk mencapai tujuan 2: 1) Meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis proposal hibah penelitian 2) sosialisasi dan memotivasi dosen untuk berpartisipasi aktif dalam hibah penelitian yang dibiayai dikti atau instansi lain baik dari dalam negeri maupun luar negeri.3) mewajibkan dosen untuk melakukan minimal 1 (satu) pengabdian masyarakat dalam satu semester 4) Memotivasi dosen Pntuk melibatkan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat.

 Strategi yang dilakukan untuk mencapai tujuan 3: 1)Meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis proposal hibah pengabdian masyrakat, 2)sosialisasi dan memotivasi dosen untuk berpartisipasi aktif dalam hibah pengabdian masyrakat yang dibiayai dikti atau instansi lain baik  dari dalam negeri  maupun luar negeri, 3) mewajibkan dosen untuk melakukan minimal 1 pengabdian masyarakat  dalam satu semester, 4) memotivai dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat.

Strategi yang dilakukan untuk mencapai tujuan 4: 1) meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga yang relevan,2) ekstensifikasi dan intensifikasi company network.

Tata Nilai Program Studi Akuntansi 

Tata Nilai Program Studi Akuntansi FE- Uniflor merujuk pada tata nilai  FE-Uniflor yaitu menjadikan falsafah Pancasila sebagai falsafah bernegara dan budaya sebagai landasan pijaknya,maka Falsafah Pendidkan di Program Studi Akuntansi FE-Uniflor  bercirikan  sebagai mediator budaya bidang Akuntansi,dimana mediator artinya mampu menciptakan output yang menjembatani budaya Akuntansi  tradisional dan budaya Akuntansi  modern .

Riwayat pendirian dan perkembangan

Fakultas Ekonomi Universitas Flores merupakan salah satu fakultas di lingkungan Universitas Flores didirikan pada tanggal 11 Pebruari 1998,berdasarkan SK Direktur jenderal Pendidikan tinggi, nomor 39/DIKTI/Kep/1998. Awal pendirian Fakultas ekonomi universitas flores dimulai dengan dua (2) program studi yaitu program studi S1 manajemen dan program Studi D3 Akuntansi,kemudian pada tanggal 10 Agustus 2000 berdiri  program studi ekonomi pembangunan berdasarkan SK Direktur Jenderal pendidikan tinggi nomor 26/DIKTI/Kep /2000. Pada tahun 2008 tambahan satu (1) pogram studi  baru yaitu program studi S1 akuntansi ,berdasarkan SK Direktur jenderal pendidikan tinggi nomor 4300/D/T/2008. Ditahun 2014,program studi  D3 akuntansi ditutup ,karena animo masyarakat lebih memilih kuliah di program studi Akuntansi S1. Sejak Berdiri pada tahun 2008, dan penyelenggaraannya di tahun 2009, Program Studi S1 Akuntansi telah terakreditasi 1 kali, ditahun 2016  dengan memproleh nilai  294 akreditasi C berdasarkan SK nomor 1844/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016.

 

Cetak:

Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor Bermutu
UNIVERSITAS FLORES
Jl.Samratulangi - Ende, Tel: (0381) 23874, 23873, 21536, Fax: (0381) 21536, email : universitasflores@uniflor.ac.id
Copyright © 2021

cms by Technophoria Indonesia
    Subscribe to site updates!